JudulPengaruh Terpaan Iklan Shopee COD Di Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Beli Belanja Online Mahasiswa Fisip Universitas Tadulako |
Nama: FADILA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Abstrak Fadila (B501 19 008) Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Broadcasting. “Pengaruh Terpaan Iklan Shopee COD Di Media Social Tiktok Terhadap Minat Beli Belanja Online Mahasiswa Fisip Universitas Tadulako” Dibimbing Oleh Ilyas Sebagai Pembimbing I Dan Dwi Rohma Wulandari Sebagai Pembimbing II Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara terpaan iklan Shopee COD di media social Tiktok terhadap minat beli belanja online Mahasiswa Fisip Universitas Tadulako. Metode penelitian ini menggunakan riset penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Variable X yaitu terpaan iklan Shopee COD dimedia social Tiktok sedangkan variable Y yaitu minat beli belanja online Mahasiswa Fisip Universitas Tadulako. Responden dalam penelitian ini berjumlah (100) orang yang dipilih dengan menggunakan stratified random sampling dan rumus slovin dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner secara langsung dengan mengukur variable menggunakan skala likert. Teknik analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan korelasi Pearson’s Product Moment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya nilai koefisien R sebesar 0,613 yang menurut kategori Guilford berarti terdapat pengaruh yang kuat antara variabel terpaan iklan Shopee COD dimedia social Tiktok (X) terhadap minat beli (Y) dengan nilai R Square sebesar 0,376 yang menunjukan bahwa terpaan iklan Shopee COD berpengaruh sebesar 37,6% terhadap minat beli belanja online Mahasiswa Fisip Universitas Tadulako, sementara sisanya 62,4% dipengaruhi oleh faktor lainya. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan membandingkan nilai Fhitung > Ftabel sebesar (59.015>2,76) dan membandingkan nilai sig. 0,000 < 0,1. Dengan ini dapat disimpulkan untuk menerima Ha dan Ho ditolak. Hal tersebut dapat diartikan bahwa variable X (terpaan iklan Shopee COD) berpengaruh terhadap variable Y (minat beli). Kata kunci : Terpaan Iklan, Media Sosial, Minat Beli |