Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulFear Of Missing Out Dan Fenomena Online Shopping (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Universitas Tadulako)
Nama: WITNASIH
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Witnasih, B 501 19 002 “Fear Of Missing Out Dan Fenomena Online Shopping (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Universitas Tadulako)” Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Stepanus Bo’do selaku pembimbing I dan Ibu Citra Antasari Selaku pembimbing II Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) ingin mengetahui motif sebab (Because Motive), motif tujuan (In Order To Motive) sehingga seseorang menjadi FoMO dan pemaknaan penggunaan online shopping, (2) ingin mengetahui FoMO berperan dalam penyebaran informasi mulut kemulut khususnya terkait dengan pengalaman dan pertimbangan belanja mahasiswa Universitas Tadulako sebagai konsumen di online shopping (3) mengeksplorasi peran FoMO pada media sosial dapat mempengaruhi keputusan mahasiswa Universitas Tadulako melakukan pembelian di Online Shopping. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan studi fenomenologi. Tipe penelitian kualitatif fenomenologi. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi dan wawancara secara mendalam. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 (empat) informan yaitu mahasiswa Universitas Tadulako yang paham tentang FoMO. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan pengalaman dari 4 (empat) informan mahasiswa. Begitu banyak pemaknaan online shopping bagi penderita FoMO yakni online shopping sebagai kekasih atau pacar dan kebutuhan primer. Because Motive (faktor sebab) dimana penggunaan online shopping berlebihan karena rasa penasaran, kenyamanan, kemudahaan, kebiasaan, trend, dan lingkungan pertemanan. In Order To Motive (tujuan) melakukan online shopping yakni untuk menyalurkan keinginan akan barang yang diinginkan, memenuhi rasa kurang puas diri, memudahkan berbelanja dari jarak jauh, menjadi Up To date. Seluruh informan menyatakan bahwa FoMO dan pertukaran informasi di media sosial bahkan dari mulut kemulut memiliki peran dalam mendorong respon aktif untuk mencari tahu, membagikan kembali informasi kepada orang terdekat hingga dapat menentukan pertimbangan belanja baik terhadap toko online lain terutama online shopping. Kata Kunci: Fear Of Missing Out (FoMO), Online Shopping, Because Motive, In Order To Motive, Media Sosial.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up