JudulStorytelling Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Brand Awareness Helm Palu Murah |
Nama: GENSA AL KAHFI DWI PUTRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Gensa Al Kahfi Dwi Putra, B501 18 256 “Storytelling Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Brand Awareness Helm Palu Murah” Program Studi Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako di bawah bimbingan Stepanus Bo'do selaku Pembimbing I dan Citra Antasari selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan Storytelling sebagai salah satu strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan Brand Awareness Helm Palu Murah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus Adapun teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi terhadap 2 informan yang telah dipilih melalui teknik purposive sampling. Informan yang dipilih adalah owner sekaligus pembuat konten storytelling dari media sosial Helm Palu Murah. Hasil Penelitian menunjukan bahwa proses penggunaan storytelling oleh Helm Palu Murah menjalankan tahapan strategi komunikasi pemasaran melalui konten storytelling untuk tujuan meningkatkan brand awareness melalui konten video “Koh deng Jun”. Dengan konten yang menghibur Helm Palu Murah membuat para pengikut media sosialnya menantikan konten terbaru dengan ciri khas disetiap videonya yaitu Koh Yohan dan Jun sebagai pemeran utamanya dan juga video yang dibuat dengan bahasa masyarakat Palu agar membuat penonton mereka lebih dekat dengan bahasa yang digunakan. Dengan membuat series Koh den Jun konsisten ada ditiap minggunya ini dapat menunjukan eksistensi mereka dalam pembuatan konten yang lebih unik agar membedakan dengan pemasar lain, juga ide-ide kreatif yang dibuat Helm Palu Murah sehingga cerita yang mereka ciptakan dapat mendukung brand awareness yang kuat dimata publik. Helm Palu Murah juga ingin memperkenalkan wisata kuliner hingga keseharian yang sejalan dengan banyak orang, penggunaan bahasa serta karakter utama dalam video dapat membuat orang-orang langsung mengenali perusahaan tersebut. Konten “Koh deng Jung” yang dibuat langsung oleh pemilik usaha dapat melekat dibenak publik sehingga terbentuk brand awerenss Helm Palu Murah yang kuat di mata pengikut sosial media mereka. Kata Kunci: Storytelling, Strategi Komunikasi Pemasaran, Brand Awareness |