JudulGAYA KOMUNIKASI SUPERVISOR PT. TELKOM WITEL SULAWESI TENGAH |
Nama: AFFAN GAFFAR |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Affan Gaffar, B 501 18 229, Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Public Relations, Skripsi, “Gaya Komunikasi Supervisor PT. Telkom Witel Sulawesi Tengah ”. Di bawah bimbingan Hj. Isrrawaty Suriady dan Fitriani Puspa Ningsih Gaya komunikasi adalah seperangkat perilaku antar pribadi yang terspesialisasi yang digunakan dalam suatu situasi. Apabila gaya komunikasi dilakukan dengan baik maka menimbulkan hasil yang baik dalam berkomunikasi atau melaksanakan suatu kegiatan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya komunikasi Supervisor PT. Telkom Witel Sulawesi Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskrptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang terdiri dari 3 Supervisor dan 8 sales Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini dipilih melalui teknik Purpose Sampling. Penelitian ini menggunakan teori klasik menurut Steward L. Tubbs dan Sylvia Moss. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa Supervisor PT. Telkom Witel Sulawesi Tengah menerapkan lima gaya komunikasi yaitu gaya komunikasi The Controlling Style (Gaya Komunikasi mengatur), terlihat dengan ciri-ciri Supervisor mengeluarkan perintah tampa berdiskusi. The Equalitarian Style (Gaya Komunikasi dua arah), terlihat dengan ciri-ciri komunikasi yang berlangsung dua arah, Bersifat terbuka, Supervisor tersebut memiliki tingkat kepedulian yang tinggi. The Structuring Style (Gaya Komunikasi tertulis atau lisan), dengan ciri-ciri Supervisor bersifat objektif, Mengikuti dan menkonfirmasi struktur dalam pemberian, mengetahui tujuan, rencana kerja dan kebijakan Telkom witel suawesi tengah. The Dynamic Style (Gaya Komunikasi agresif), dengan ciri- ciri dapat mengendalikan karyawan dan The Relinguishing Style (Gaya Komunikasi menerima saran), terlihat dengan ciri-ciri Sepervisor bersedia menerima saran, pendapat dan ide dari karyawan kemudian mendukung pendapat karyawannya. Kata Kunci: gaya, komunikasi, supervisor. |