JudulDISEMINASI VISI-MISI PEMERINTAH KOTA PALU MELALUI MEDIA ONLINE (STUDI PADA SLOGAN “PALU MANTAP BERGERAK” |
Nama: A.REZA FADILLAH PUTRI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK A.Reza Fadillah Putri, B 501 18 202 “Diseminasi Visi-Misi Pemerintah Kota Palu Melalui Media Online (Studi Pada Slogan “Palu Mantap Bergerak”)” Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako di bawah bimbingan Ilyas dan Rizqy Alfiaty. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses diseminasi visi-misi dari slogan “Palu Mantap Bergerak” yang dilakukan oleh pemerintah Kota Palu yaitu IKP (Informasi dan Komuikasi Publik) pada Diskominfo Kota Palu dan Media Center dengan memanfaatkan media online. Metode penelitian ini bersifat kualitataif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dan menggunakan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam terhadap tiga informan bidang IKP pada Diskominfo dan Media Center yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dimana terdapat kriteria-kriteria khusus dalam pemilihan informan yaitu pihak yang terlibat langsung dalam proses diseminasi informasi Pemerintah Kota Palu melalui media online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa IKP serta Media Center merupakan perangkat pemerintahan yang berperan sebagai humas. Memiliki tugas dalam melakukan diseminasi dalam mewujudkan slogan “Palu Mantap Bergerak” yang didalamnya terkandung visi-misi. Proses diseminasi berlangsung melalui beberapa platform antara lain: instagram, website, facebook, youtube dan twitter. IKP dalam proses diseminasi mengelola website, facebook, istagram dan youtube. Sedangkan untuk media center melakukan pengelolaan pada instagram dan facebook. Meski demikian seluruh platform tersebut memiliki fungsi yang sama yakni sebagai media komunikasi publik yang mana akan mempublish seluruh kegiatan ataupun informasi-informasi terkait pemerintah Kota Palu. pesan inti yang didesiminasikan berkaitan dengan visi-misi Pemerintah Kota Palu yang telah tertuang dalam program kerja atau kebijakan-kebijakan yang akan diberlakukan atau sedang diberlakukan. Melihat latar belakang masyarakat Kota Palu saat ini, IKP dan media center fokus melakukan pengelolaan terhadap platform yang paling dekat dengan masyarakat yaitu instagram dan facebook dinilai dari respon yang diberikan masyarakat. Kata kunci : Komunikasi Publik, Diseminasi, Media Online, Humas Pemerintah. |