Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI KOMUNIKASI BNN KOTA PALU DALAM PROGRAM KIE (KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN EDUKASI) DI SMAN 1 PALU
Nama: FATUR HAIKAL
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Fatur Haikal B50118188 “Strategi Komunikasi Program KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) Oleh BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Palu (Studi Pada SMAN 1 Palu)” Program Studi Ilmu Komunikasi, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan Andi Febri Herawati sebagai konsultan pertama, dan Rizqy Alfiyati sebagai konsultan kedua. Kegiatan sosialisasi dalam instansi merupakan langkah awal pelaksanaan program yang akan dijalankan dalam jangka waktu yang lama. Metode sosialisasi yang dapat dilakukan oleh seorang Public Relations yaitu sosialisasi yang dilakukan kepada masyarakat. Sosialisasi program kerja dari perusahaan merupakan hal penting untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat atau pihak eksternal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan sosialisai program KIE oleh BNN Kota Palu bagi siswa-siswi SMAN 1 Palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan strategi komunikasi KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi sebagai pisau analisisnya. Data diperoleh dari observasi dan wawancara langsung dengan siswa-siswi di SMAN 1 Palu. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Hasil dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa strategi komunikasi yang dilakukan BNN dengan cara menentukan komponen dalam strategi komunikasi yaitu mengenali sasaran komunikasi sebelum melaksanakan sosialisasi dengan cara menyesuaikan metode dan teknik penyampaian pesan. Pemilihan media untuk mencapai sasaran komunikasi BNN memilih salah satu atau gabungan dari beberapa media dalam hal ini menggunakan media offline. Pengkajian Tujuan Pesan komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada khalayak sasaran dalam strategi komunikasi mempunyai tujuan untuk menentukan teknik yang harus diambil dan digunakan, antara lain Teknik informasi, Teknik persuasi, dan Teknik instruksi. Pesan dirumuskan oleh komunikator idealnya tepat mengenai khalayak sasaran menentukan pesan merupakan komponen penting dalam komunikasi dan pesan yang disampaikan dalam sosialisasi adalah pesan informatif dan persuasif. Peranan Komunikator dalam komunikasi merupakan pihak yang menjalankan proses strategi komunikasi. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Hambatan Komunikasi, Program KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi), BNN (Badan Narkotika Nasional)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up