JudulKampanye GenBI Sebagai Duta Komunikasi BI Sulteng (Studi Kasus Sosialisasi Penggunaan QRIS Pada Masyarakat Kota Palu) |
Nama: RIAN PRATIWI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Rian Pratiwi Stambuk B50118176 Program Studi Ilmu Komunikasi Skripsi “Kampanye GenBI sebagai Duta Komunikasi BI Sulteng (Studi Kasus Sosialisasi Penggunaan QRIS Pada Masyarakat Kota Palu)”. Di bawah bimbingan Ilyas Lampe dan Giska Mala Rahmarini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kampanye GenBI sebagai duta komunikasi BI Sulteng. Penulis menggunakan Model Kampanye Nowak dan Warneryd (1993) yaitu Model Kampanye yang terdiri dari Efek yang diharapkan, Persaingan komunikasi, Target populasi dan kelompok penerima, Saluran, Pesan, Komunikator, dan Efek yang dicapai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Objek penelitian adalah GenBI wilayah Sulawesi Tenggah dan Subjek penelitian adalah ketua GenBI wilayah Sulawesi Tenggah yang menjadi pemateri sosialisasi penggunaan QRIS. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam. Kampanye GenBI sebagai duta komunikasi BI Sulteng, menunjukan hasil temuan penelitian yaitu : (1) Efek yang diharapkan ditandai dengan respon positif dari masyarakat kota Palu dan sudah mulai menerapkan QRIS, (2) Persaingan Komunikasi, dimana banyaknya pengguna smartphone di kota Palu tetapi masih kurangnya merchant yang menggunakan QRIS di kota Palu serta masih kurangnya pemahaman masyarakat terkait QRIS, (3) Target populasi dan kelompok penerima, yaitu usaha mikro, kecil dan menengah dan masyarakat kota Palu, (4) Pesan, yaitu menggunakan pesan yang jelas dan mudah untuk di pahami masyarakat, (5) Saluran, menggunakan media sosial (Facebook, Youtube, Instagram, Tiktok, Website,Twitter), media massa (Tv, Radio), media cetak (majalah, koran, spanduk, baliho, brosur, pamphlet), (6) Komunikator, yaitu Ketua GenBI wilayah Sulteng dan BI Sulteng, (7) Efek yang dicapai, ditandai dengan masyarakat jadi teredukasi, GenBI Sulteng banyak diberikan seminar dan pelatihan mengenai QRIS oleh Bank Indonesia Sulteng. Kata Kunci: Kampanye GenBI, Sosialisasi QRIS, Masyarakat Kota Palu |