JudulKOMUNIKASI PERSUASIF RK THRIFT DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN THRIFT BAL FASHION SECOND |
Nama: TIMOTHY DARREL GHICA TURANGAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui pendekatan komunikasi persuasif seller dalam menarik minat konsumen thrift bal fashion second, dalam meningkatkan minat kosumen dan hasil penjualan dan hambatan yang dialami. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian studi kasus. Adapun Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi terhadap ketiga informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Informan yang dipilih adalah Pemilik usaha RK Thrift, Karyawan RK Thrift, Konsumen online dan onsite juga penggemar thrift bal fashion second. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan komunikasi persuasif seller RK Thrift melalui empat pendekatan yaitu pendekatan berdasarkan bukti, pendekatan berdasarkan ketakakutan, pendekatan berdasarkan diksi dan pendekatan berdasarkan humor. Hambatan dalam mempersuasif konsumen ialah, ketidak percayaan konsumen terhadap seller, perbedaan penggunaan bahasa, konsumen yang berkebutuhan khusus, dan gangguan ekternal lainnya. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Minat Konsumen, Fashion Second |