JudulPEMBELANJAAN PASAR SECARA DARING MELALUI WEBSITE PASAR.ID |
Nama: TRIANA ANA AMELIA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Triana Ana Amelia B50118153 “Pembelanjaan Pasar Secara Daring Melalui Website Pasar.Id”. Program studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Tadulako. Dibawah bimbingan Andi Akifah dan Citra Antasari Saat ini belanja daring sudah menjadi kebiasaan di Indonesia. Pasar.id merupakan terobosan baru dari Bank BRI dalam digitalisasi perdagangan pasar tradisional, dengan memfasilitasi seluruh pedagang pasar untuk melakukan aktivitas jual beli secara daring. Program ini telah digunakan dalam transaksi jual beli dari bulan Juni hingga November untuk para pelaku UMKM di Desa Tolai Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong Dari awal progresnya. Penelitian ini akan dilakukan menggunakan teori difusi inovasi milik Everet M Rogers yang membedakan tiap proses difusi inovasi antara lain; Difusi, Inovasi, Saluran Komunikasi, Jangka Waktu. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang diarahkan untuk menggambarkan fakta dengan pendapat yang tepat. Hasil dari penelitian ini menemukan program pasar.id adalah kegiatan yang menerapkan konsep difusi inovasi karena menghadirkan konsep baru dalam kegiatan perekonomian dimasyarakat. Difusi dalam penelitian ini, merupakan gagasan atau ide yang dikeluarkan oleh Bank BRI. Inovasi adalah terobosan bagi masyarakat desa Tolai karena dapat memperkenalkan platform daring. Saluran komunikasi, pada program ini dilakukan pada media cetak di seluruh kantor cabang BRI dan di Desa Tolai. Jangka waktu, dalam proses penyempurnaan program ini, pihak bank BRI telah menginformasikan kepada masyarakat sejak awal bulan Mei. Kata kunci : Pasar.id, Difusi Inovasi, Pemasaran |