Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Motif Penggunaan Video On Demand Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Ilmu Komunikasi
Nama: NAFISAH AZIZAH PUTRI
Tahun: 2023
Abstrak
Abstrak Media kini menjadi hal yang tidak dapat dihindari dari kehidupan, bahkan mengakses hiburan visual menjadi salah satu hal yang sangat lazim untuk mengurangi rasa bosan yaitu streaming video online, seperti layanan pada Video on Demand. VoD adalah langkah teknologi terbaru yang fokusnya pada penawaran film yang lebih besar kepada pemirsa dalam hal fleksibilitas waktu menonton terutama VoD sistem berlangganan atau Subscription Video on Demand (SVoD). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara motif penggunaan media dengan kepuasan dan motif apa yang memiliki hubungan paling kuat dengan kepuasan mahasiswa dalam menggunakan layanan Subscription Video on Demand. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling kepada 69 mahasiswa aktif Jurusan Ilmu Komunkasi Universitas Tadulako angkatan 2020 yang menggunakan SVoD sebagai responden. Data hasil kuesioner diolah dengan menggunakan statistik uji normalitas, uji korelasi berganda, dan uji t. Teori yang digunakan teori uses and gratifications milik Elihu Katz, Jay G. Blumler, dan Michael Gurevitch. Teori ini menganggap khalayak aktif dan selektif serta khalayak pada dasarnya menggunakan media massa berdasarkan motif-motif tertentu. Hasil pada penelitian ini yaitu motif yang memiliki hubungan signfikan dengan kepuasan mahasiswa dalam menggunakan layanan Subscription Video on Demand adalah motif integritas dan interaksi sosial dan motif hiburan dan motif yang paling kuat hubungannya dengan kepuasan ialah motif hiburan. Kata Kunci : Motif, Kepuasan, Subscription Video on Demand.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up