Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA REMAJA DI DESA TINOMBO (STUDI KASUS PADA TAMAN BACA MASYARAKAT TINOMBO MOMBACA)
Nama: RIRIN ARISKA
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Ririn Ariska B 501 18 124, Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations, Skripsi Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Minat Baca Remaja Di Desa Tinombo (Studi Kasus Pada Taman Baca Masyarakat Tinombo Mombaca) bimbingan Muhammad Khairil sebagai Pembimbing 1 dan Nurhaidar sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi persuasif dalam meningkatkan minat baca remaja di Desa Tinombo (Studi kasus pada Taman Baca Masyarakat Tinombo Mombaca). Dengan menggunakan teori teknik komunikasi persuasif yang dikemukakan oleh Effendy. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu membuat deskripsi sistematis, faktual dan akurat. Subjek atau informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang dipilih melalui purposive sampling. Pengumpulan data ini dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam serta menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Taman Baca Masyarakat Tinombo Mombaca dalam meningkatkan minat baca terdapat tiga program utama yaitu Kardus pustaka, Lapak baca dan kirim buku. Dimana Tinombo Mombaca menerapkan beberapa teknik komunikasi persuasif yang dilakukan Taman Baca Masyarakat Tinombo Mombaca untuk meningkatkan minat baca remaja diantaranya yaitu teknik asosiasi dengan membentuk pola baru dalam menumbuhkan budaya minat membaca dengan menyajikan pesan komunikasi untuk menarik perhatian remaja. Kedua teknik integrasi dalam hal ini proses penyampaian dengan cara membangun kedekatan sesama pengikut Tinombo Mombaca yang mengandung makna bahwa yang diperjuangkan bukan untuk kepentingan diri sendiri tetapi untuk kepentingan remaja. Ketiga teknik ganjaran membujuk remaja agar dapat tumbuh kembangnya minat baca, dengan melalui teknik ini tidak adanya sanksi yang diberikan untuk pengikut. Keempat teknik red- herring Tinombo Mombaca menggunakan cara- cara yang dapat membawa perubahan perilaku maupun sikap terhadap remaja. Kelima teknik tataan upaya bentuk pesan komunikasi persuasif yang disampaikan dapat didengar atau dibaca serta termotivasikan oleh remaja untuk melakukan sebagaimana yang disarankan oleh Tinombo Mombaca tersebut dalam hal meningkatkan minat baca. Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Minat Baca, dan Remaja

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up