JudulManajemen Komunikasi Program Literasi Keuangan Oleh PT. Hannah Asa Indonesia Dalam Perspektif Penta Helix |
Nama: NAWIR A. LAMANDA |
Tahun: 2023 |
Abstrak NAWIR A. LAMANDA, Nomor Stambuk B 501 18 116 “Manajemen Komunikasi Program Literasi Keuangan oleh PT. Hannah Asa Indonesia dalam Perspektif Penta Helix”, Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako, dibawah bimbingan Ilyas Lampe dan Rizqy Alfiyaty. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika Manajemen Komunikasi dari PT. Hannah Asa Indonesia dalam melakukan program Literasi Keuangan berdasarkan asumsi Model Manajemen Komunikasi. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus sebagai dasar penelitiannya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap sembilan informan yang terpilih, dengan cara purposive sampling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa program Literasi Keuangan oleh PT. Hannah Asa Indonesia berjalan berdasarkan proses pelaksanaannya, yaitu; Pertama pihak internal perusahaan melakukan persiapan dan perencanaan dalam membuat gagasan materi edukasi, rancangan MoU, SOP, Guidelines kegiatan, serta financial check-up applications sebelum memulai program. Kedua yaitu implementasi, merupakan usaha perusahaan untuk melaksanakan dan menjalankan hubungan komunikasi kepada pihak external melalui aktivitas dan koordinasi penta helix serta membangun kegiatan edukasi dan sosialisasi yang dilakukan dengan metode pendekatan secara langsung atau tidak langsung (online). Ketiga adalah melakukan rapat dengan menerapkan sistem MOM baik seacra internal maupun external perusahaan sebagai bentuk evaluasi dan harapan serta itikad baik dalam pengubahan sistem untuk khalayak luas berdasarkan publiknya melalui program yang digagas dan dilaksanakan dengan menggunakan metode SMART dalam evaluasi program yang berjalan rutin. Terakhir merupakan komitmen perusahaan untuk terus dan tetap menjaga kompetensi serta kualitas program yang dimonitoring atau dipantau sebagai kekuatan bagi citra perusahaan maupun hubungan komunikasi yang sudah dibangun dan akan dibangun lagi kedepannya, diantaranya berhasil masuk dalam liputan National Geographic Indonesia edisi Agustus 2023. |