JudulKOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA DI TAMAN NASIONAL LORE LINDU |
Nama: ANGGRAINI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya komunikasi pemasaran pariwisata yang dilakukan oleh Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) dalam mengembangkan dan memasarkan objek wisata yang ada pada Taman Nasional Lore Lindu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanan di Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu. Data primer dikumpulkan dengan observasi dan wawancara, sementara data sekunder didapatkan melalui dokumentasi serta situs-situs internet yang memiliki relevansi kuat dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi pemasaran pariwisata yang dilakukan oleh BBTNLL meliputi periklanan (Advertising) dengan melalui media sosial, brosur, billboard dan videotron.. Publisitas (Publicity) melalui website resmi BBTNLL dan beberapa media lain. Sponsorship, melakukan kerja sama dengan pihak Jerman melalui program Forest Programme III, Exhibition dengan berpartisipasi melalui kegiatan-kegiatan pariwisata tertentu. Merchandising yaitu dengan membagikan beberapa merchandise BBTNLL pada saat kegiatan-kegiatan atau moment tertentu. Mulut ke mulut (Word Of Mouth) dengan melihat postingan yang ditandai pada akun media sosial resmi milik BBTNLL. Dan yang terakhir adalah Identitas Perusahaan (Corporate Identity) dengan melihat sesuatu yang khas dari BBTNLL yang dapat menjadi tanda pengenal dari instansi tersebut. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Communication Mix |