JudulEfektivitas Komunikasi Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako Angkatan 2021) |
Nama: NURUL UMMAIRAH TASSYA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nurul Ummairah Tassya. Stambuk B501 18 088. Efektivitas Komunikasi Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako Angkatan 2021). Dibimbing oleh Ilyas dan Dwi Rohma Wulandari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi Learning Management System (LMS) sebagai media pembelajaran pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako angkatan 2021 dengan menggunakan enam dimensi yaitu penerima pesan, isi pesan, media komunikasi, format pesan, sumber pesan dan ketepatan waktu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako angkatan 2021 yang aktif menggunakan LMS Fisip. Responden dipilih menggunakan metode purposive sampling dan kemudian diperoleh sampel sebanyak 74 mahasiswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan pengukuran skala Likert. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa keenam dimensi efektivitas komunikasi yaitu dimensi penerima pesan, dimensi isi pesan, dimensi media komunikasi, dimensi format pesan, dimensi sumber pesan dan terakhir yaitu dimensi ketepatan waktu memperoleh nilai rata-rata diatas 3%. Hal ini menunjukkan bahwa Learning Management System (LMS) sebagai media pembelajaran mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako angkatan 2021 dinyatakan efektif. Kata Kunci: Efektivitas Komunikasi, Learning Management System, Media Pembelajaran |