Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPemanfaatan Digital Marketing Sebagai Sarana Promosi Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Sigi
Nama: EUIS NINDA SARI
Tahun: 2022
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan digital marketing sebagai sarana promosi yang dilakukan oleh pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Sigi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan penarikan subjek menggunakan teknik purposive sampling dan analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Objek penelitian ini adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan apa yang ingin dikaji dalam penelitian yaitu pemanfaatan digital marketing sebagai sarana promosi bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Sigi dalam mempromosikan produknya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari lima orang, dengan berdasarkan kriteria informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku UKM belum memanfaatkan secara maksimal enam bauran promosi menurut George E. Belch dan Michael A. Belch, seperti periklanan, pemasaran langsung, pemasaran internet/interaktif, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan penjualan personal. Tetapi semua pelaku UKM sama-sama menggunakan pemanfaatan digital marketing dalam mempromosikan produknya. Usaha yang dilakukan PLUT untuk memajukan produk-produk UKM seperti memberikan pelatihan mengenai digital marketing, belum dimaksimalkan oleh pelaku UKM. Masih ada beberapa pelaku usaha yang tetap kembali pada penjualan konvensional. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya pelaku UKM jarang mempromosikan produk, dan konten-konten yang di posting kurang inovatif.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up