Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKOMUNIKASI PERSUASIF PUSKESMAS TINGGEDE (ANALISIS PROGRAM PEMERIKSAAN KESEHATAN LANSIA DI POSBINDU)
Nama: NURUL AMALIA UTAMI
Tahun: 2024
Abstrak
Nurul Amalia Utami B50118033 Skripsi “Komunikasi Persuasif Puskesmas Tinggede (Analisis Program Pemeriksaan Kesehatan Lansia di Posbindu)”, Jurusan Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Dibawah bimbingan Israwaty Suriady selaku pembimbing I dan Giska Mala Rahmarini selaku pembimbing II. Program posbindu ini merupakan wujud kepedulian dari pemerintah dalam menangani masalah kesehatan lansia. Akan tetapi masih kurangnya kesadaran pada diri lansia dalam memanfaatkan keberadaan posbindu ini, sehingga diperlukan sebuah komunikasi persuasif oleh pengelola program posbindu Puskesmas Tinggede untuk meningkatkan minat lansia menghadiri program pemeriksaan kesehatan lansia di Posbindu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode komunikasi persuasif Puskesmas Tinggede pada program pemeriksaan kesehatan lansia di Posbindu. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian studi kasus. Penarikan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan tujuh orang informan yang terdiri dari tiga tim Posbindu dan empat lansia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisi data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tim Posbindu Puskesmas Tinggede melakukan komunikasi persuasif kepada masyarakat dengan cara bekerja sama dengan kepala desa dalam mengajak atau membujuk masyarakat ke Posbindu dengan cara melalui pengumuman di masjid atau di gereja, dan akan meningkatkan pemeriksaan kesehatan lainnya. Tim Posbindu juga menyatukan diri dengan mengajak masyarakat berkomunikasi secara keterbukaan sehingga merasa diperhatikan dan memberikan perhatian khusus terhadap lansia yang sudah dalam keadaan uzur secara door to door. Selain itu, tim Posbindu juga memberikan reward berupa makanan untuk menarik perhatian masyarakat. Kemudian tim Posbindu melakukan penyuluhan secara langsung, dengan menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa daerah untuk membangun kedekatan emosional dengan lansia, serta nada bicara yang lemah lembut. Kata kunci: Komunikasi Persuasif, Posbindu, Lansia

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up