Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI POSITIONING PROGRAM MUSIC STATION RADIO (MS RADIO 98.3 FM) DALAM MEMPERTAHANKAN PENDENGAR DI KOTA PALU
Nama: YAFET POLIWO
Tahun: 2025
Abstrak
Yafet Poliwo B50118009 “Strategi Positioning Program Music Station Radio (MS Radio 98.3 FM) dalam Mempertahankan Pendengar di Kota Palu” Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako di bawah bimbingan Stephanus Bo’do selaku pembimbing I dan Muhammad Wahid selaku Pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi positioning program Music Station Radio (MS Radio 98.3 FM) dalam mempertahankan pendengar di Kota Palu. Fokus penelitian ini terarah pada dua indikator utama: positioning berdasarkan perbedaan produk dan positioning berdasarkan manfaat produk. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa MS Radio menerapkan strategi positioning dengan menerapkan format siaran pada programnya yang dilakukan secara konsisten, seperti penyebutan angka “0” dengan kata “nol” bukan “kosong” untuk menunjukan profesionalisme dan pemahaman MS Radio dalam praktik yang baik dalam komunikasi. Pemutaran lagu menyesuaikan tempo agar pendengar merasa nyaman saat mendegarkan lagu. Menggunakan kata sapaan “saya” dan “kamu” untuk memberikan kesan “dekat/non formal”. Talks penyiar yang tidak terlalu lama untuk menghindari kebosanan. Masuk Voice Over di 2 lagu agar pendengar tau kalau ada yang menemani perjalanannya, sehingga dapat membentuk positioning MS radio sebagai “teman” bagi pendengarnya. Kedua indikator strategi positioning yaitu positioning berdasarkan Perbedaan dan positioning berdasarkan manfaat program ditunjukan dengan program-program seperti MADEGOSS (Mari Dengarkan Obrolan Seputar Kesehatan) yang menghadirkan narasumber dengan kredibilitas tinggi untuk mengurangi kesalahpahaman dan ambiguitas dalam pemaknaan informasi. Program MS TRIBUTE (Perjalanan Musisi Legendaris), memberikan pemahaman mendalam tentang sejarah musik/musisi dan sebagai jembatan generasi dalam dunia musik dan menghindari Music Gap. Program Popcorn Time (PCT) (merekomendasikan film) untuk rekomendasi tentang film dan memberikan informasi tentang dunia perfilman. Seluruh program yang disiarkan sejalan dengan format siaran yang telah diterapkan dan lakukan secara konsisten untuk membentuk identitas dan positioning MS Radio dalam mempertahankan pendengarnya. Kata Kunci: Strategi Positioning, Radio, Program Siaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up