JudulKOMUNIKASI PEMASARAN GIRLSTUFF.PLW DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM |
Nama: FEBRIA MELLIASARI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Febria Melliasari B 501 18 002 Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako Konsentrasi Public Relations. Skripsi “Komunikasi Pemasaran Girlstuff.plw di Media Sosial Instagram” Dibawah bimbingan Sumarni Zainuddin sebagai pembimbing I dan Israwaty Suriady sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komunikasi pemasaran yang dilakukan Girlstuff.plw di media sosial Instagram. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian studi kasus. Penarikan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan empat orang informan yang terdiri dari satu Owner Girlstuff.plw, satu Admin media sosial dan dua pelanggan tetap. Objek penelitian ini adalah komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Girlstuff.plw di media sosial instagram. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan Girlstuff.plw di media sosial instagram dengan menggunakan tiga elemen komunikasi pemasaran yakni pemasaran interaktif (interactive marketing), promosi penjualan (sales promotion), dan pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth). Komunikasi pemasaran tersebut masing-masing memiliki target atau fokus tersendiri dalam pemasarannya. Penggunaan komunikasi pemasaran tersebut juga dilakukan berdasarkan waktu tertentu yang telah ditentukan, hingga Girlstuff.plw mengalami peningkatan dan adanya kepuasan dari pelanggan, yang dibuktikan dengan kenyamanan dan kepercayaan dari pelanggan hingga adanya pembelian kembali. Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, Instagram, Girlstuff.plw |