Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI DI SLB NEGERI SALAKAN (STUDI MEDIA RICHNESS THEORY DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA SISWA TUNAGRAHITA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19)
Nama: IBRAHIM DIASA
Tahun: 2022
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui media komunikasi yang digunakan di SLB Negeri Salakan dalam kegiatan belajar mengajar pada siswa tunagrahita di masa pandemi covid-19. Tipe penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan informan. Dalam penelitian ini terdapat lima orang yang ditunjuk sebagai informan, serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam, yang menggunakan pedoman wawancara sebagai media pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar di SLB Negeri Salakan khususnya pada anak berkebutuhan tunagrahita ada empat jenis media yang digunakan, media pertama menggunakan gambar-gambar yang dicetak dikertas, media kedua menggunakan aplikasi Secil pembelajaran, media ketiga menggunakan video Youtube, dan media keempat menggunakan musik/ lagu. Dari keempat media yang digunakan dua diantaranya berbasis internet, media yang dimaksud adalah aplikasi Secil pembelajaran dan video Youtube. Merujuk pada teori kekayaan media yang melihat dari empat kriterianya sesuai hasil penelitian dilapangan bahwa media gambar, media aplikasi Secil pembelajaran, media video youtube, dan media musik memiliki kemampuan menyampaikan isyarat, kesegeraan dalam menyampaikan umpan balik, keragaman bahasa yang digunakan, dan kemampuan memfokuskan diri.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up