Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERSEPSI GURU DALAM PROSES KOMUNIKASI SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 PALU
Nama: GINDA SARI DG. LU’
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK GINDA SARI DG. LU’. Stambuk B 501 17 233. Judul Penelitian “PERSEPSI GURU DALAM PROSES KOMUNIKASI SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 PALU”. Dibimbing oleh Nur Haidar dan Donal Adrian. Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Palu merupakan sekolah yang berada di Jalan Samudra Pantoloan, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu, menjadi lokasi penelitian yang bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dalam proses komunikasi siswa tunagrahita di SLB Neg. 1 Palu. Tipe penelitian kualitatif, yaitu untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui deskriptif secara sistematis, faktual, yang akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau objek tertentu. Informan adalah orang atau sumber yang dapat memberikan informasi dan keterangan mengenai penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam melalui panduan wawancara dan dikaji melalui teori stimulus respon. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pada proses komunikasi siswa tunagrahita yang dilihat oleh guru secara langsung dan dapat membedakan interaksi pada siswa tunagrahita dengan siswa lainnya di sekolah. Perbedaan siswa tunagrahita dapat dilihat dari golongannya, tunagrahita ringan dan tunagrahita sedang. Tunagrahita ringan mampu memberi respon yang baik hingga proses komunikasi siswa tunagrahita ringan dikatakan berjalan dengan baik. Namun berbeda dengan siswa tunagrahita sedang, proses komunikasi siswa tunagrahita sedang sulit terjalin dikarenakan tidak jarang dari mereka merasa minder atau rasa malu yang berlebihan untuk berinteraksi dengan siswa lainnya. Terdapat tiga indikator yang menguatkan perbedaan dari keduanya baik berinteraksi secara langsung dikelas maupun diluar kelas yaitu: perbedaan ketangkapan saat jam belajar berlangsung, memberi respon yang cukup berbeda, dan melakukan interaksi secara langsung yang berbeda. Kata Kunci : Persepsi Guru, Komunikasi, Siswa Tunagrahita

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up