Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK SALES MARKETING PT. BOSOWA BERLIAN MOTOR PALU DALAM MENUNJANG AKTIVITAS PROMOSI PENJUALAN
Nama: FILZA NABILA S. DAMAR
Tahun: 2023
Abstrak
Filza Nabila S. Damar B 501 17 209 “Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sales Marketing PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Palu Dalam Menunjang Aktivitas Promosi Penjualan” Jurusan Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Dibawah bimbingan Sumami Zainuddin sebagai Pembimbing Utama dan Rizqy Alfiyati sebagai Pembimbing Pendamping. Penggunaan facebook dalam bisnis atau penjualan digunakan oleh sebuah perusahaan, salah satu sales marketing PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Palu. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan fitur facebook sales marketing PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Palu dalam menunjang aktivitas promosi penjualan. Teori yang digunakan yaitu teori promosi penjualan yang terdiri atas publisitas, ajakan dan insentif serta teori mengenai manfaat media sosial bisnis. Metode pada penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara terstruktur terhadap informan yang telah dipilih melalui teknik purposive sampling. Jumlah informan terdiri atas lima orang yang terdiri atas tiga orang sales marketing dan dua orang konsumen PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Palu. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales marketing PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Palu menggunakan 9 dari 19 fitur sosial media facebook dalam menunjang aktivitas promosi penjualan yang mereka lakukan yaitu Fitur profil dan bio mempermudah konsumen mencari profil dan bio. Fitur unggah foto dan video mengunggah foto/video produk perusahaan yang dijual. Fitur caption memberikan kalimat penjelasan pada foto atau video yang diunggah. Fitur Komentar, dimanfaatkan saat unggahan foto/video dikomentari konsumen dan dibalas oleh sales sehingga terjadi komunikasi. Fitur HasTags, dimanfaatkan agar mudah dicari konsumen. Fitur Like, dimanfaatkan dengan cara memberikan tanda like pada unggahan foto/video produk. Fitur Group membangun hubungan komunitas yang interaktif antara pengguna facebook pada group dagang. Fitur Marketplace menawarkan produk perusahaan agar orang bisa melihat dan membeli produk perusahaan dan yang terakhir fitur facebook Ads menjangkau lebih luas pengguna facebook sesuai dengan target PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Palu. Alasan beberapa fitur seperti fitur siaran langsung dan fitur share tidak digunakan karena tidak mendapat respon baik dari konsumen di sosial media facebook sehingga tidak dapat menunjang aktivitas promosi penjualan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up