Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMANFAATAN FITUR INSTAGRAM SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PEMASARAN KEDAI BABAKKEROYOKAN DI KOTA PALU
Nama: RENYSTIYAH DWI PRATIWI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Renystiyah Dwi Pratiwi B 501 17 190 “Pemanfaatan Fitur Instagram Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Babakkeroyokan Di Kota Palu” Jurusan Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Di bawah Bimbingan Israwaty Suriady dan Citra Antasari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan fitur Instagram sebagai sarana komunikasi pemasaran Babakkeroyokan di Kota Palu. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan teknik pengumpulan data, melakukan observasi, wawancara terstruktur terhadap tiga informan yang telah dipilih melalui teknik purposive sampling. Jumlah informan dalam penelitian ini terdiri atas tiga orang informan yaitu pemilik kedai Babakkeroyokan, pengelola akun Instagram Babakkeroyokan, dan tim penjualan Babakkeroyokan. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur-fitur Instagram yang digunakan oleh Babakkeroyokan ada 11 (sebelas) fitur yaitu Fitur Profil dan Bio, Fitur Unggah Foto dan Video, Fitur Stories, Fitur Caption, Fitur Komentar, Fitur HasTags, Fitur Like, Fitur Activity, Fitur Direct Message (DM), Fitur GeoTagging (Tag Lokasi), dan yang terakhit Fitur Story Archive. Pemanfaatan 11 (sebelas) fitur yang digunakan untuk membantu penjualan seperti Fitur Profil dan Bio, fitur ini digunakan untuk mempermudah konsumen yang mencari profil Babakkeroyokan dan juga fitur Bio membantu konsumen untuk mengetahui apa sajah yang dijual oleh Babakkeroyokan. Fitur Unggah Foto dan Video, fitur ini dimanfaatkan Babakkeroyokan dengan cara mengunggah foto/video mengenai produk makanan yang dijual ke dalam Instagram. Fitur Stories, fitur ini digunakan lebih dominan atau setiap hari karena untuk menginformasikan kepada konsumen kalau Babakkeroyokan sudah buka atau sudah melakukan penjualan. Fitur Caption, dimanfaatkan dengan cara pada saat Babakkeroyokan mengunggah foto/ video dan diberikan caption kepada foto atau video yang di unggah. Fitur Komentar, pada saat ada unggahan foto/video yang dikomentari oleh konsumen dan dibalas oleh Babakkeroyokan sehingga terjadinya komunikasi. Fitur HasTags, dimaanfaatkan agar mudah di cari oleh konsumen dengan menggunakan Hastgas atau tanda pagar. Fitur Like, di manfaatkan dengan cara unggahan foto/video Babakkeroyokan yang berada di feed Instagram disukai oleh pengguna Instagram yang lainnya. Fitur Activity, dimanfaatkan dengan melihat seberapa lama Babakkeroyokan aktif dalam penggunaan Instgaram. Fitur Direct Message (DM), dimanfaatkan Babakkeroyokan untuk melakukan komunikasi terhadap konsumen. Fitur GeoTagging (Tag Lokasi), dimanfaatkan Babakkeroyokan dengan menaruh lokasi penjualan Babakkeroyokan kedalam feed Instgaram dan yang terakhit Fitur Story Archive, fitur ini digunakan oleh dengan melihat kembali stories yang perna di unggah. Kata kunci : Instagram, Komunikasi Pemasaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up