JudulSTRATEGI KOMUNIKASI EKSTERNAL PUBLIC RELATIONS PT. CITRA PALU MINERALS DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PADA MASYARAKAT POBOYA PROVINSI SULAWESI TENGAH |
Nama: SHELY INDRIANI BALA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Shely Indriani Bala (B50117188) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako Konsentrasi Public Relations. Skripsi Strategi Komunikasi Eksternal Public Relations PT. Citra Palu Minerals dalam Membangun Citra Positif pada Masyarakat Poboya Provinsi Sulawesi Tengah Dibimbing oleh Ibu Fadhliah sebagai Pembimbing I dan Ibu Citra Antasari sebagai Pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi komunikasi eksternal yang diterapkan public relations PT. Citra Palu Minerals dalam membangun citra positif pada masyarakat poboya provinsi sulawesi tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility (CSR), Officer Government Relations, Media Relations Officer. pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode observsi dan teknik wawancara dan dokumentasi. Strategi humas ini berpedoman pada teori Dominick yang memiliki 3 (tiga) cakupan humas yaitu keterkaitan opini public, keterkaitan komunikasi dan fungsi manajemen. Berdasarkan hasil penelitian Strategi Komunikasi Eksternal Public Relations PT. Citra Palu Minerals dalam Membangun Citra Positif pada Masyarakat Poboya Provinsi Sulawesi Tengah melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Setiap program CSR yang teralisasi pada 2 Desa/Kelurahan lingkar meliputi Kelurahan Poboya dan Kelurahan Mantikulore. Mampu membentuk citra positif untuk Citra Palu Mineral meskipun di awal sempat ada penolakan dari masyarakat karena adanya mis komunikasi tetapi dengan menerapkan beberapa strategi dari humas yang terdiri dari keterkaitan opini public, keterkaitan komunikasi dan fungsi manajemen, itu sudah memberikan feedback baik antara perusahaan dan masyarakat. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Public Relations. Corporate Social Responsibilty |