Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGALAMAN KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA MASA PANDEMI DI SMAN 1 DAMPAL UTARA
Nama: ALDI RIPALDI M NASIR
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Aldi Ripaldi M Nasir (B501 17 179) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako Konsentrasi Broadcasting. Skripsi Pengalaman Komunikasi Guru Dalam Proses Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Di Sma Negeri 1 Dampal Utara. Dibimbing Oleh Dr. Sitti Murni Kaddi, M.Si Sebagai Pembimbing 1 Dan Edwan, S.Pd M.Si Sebagai Pembimbing II. Pandemi COVID-19 memunculkan berbagai dampak dalam kehidupan manusia, termasuk dalam proses pembelajaran. Pemerintah mengeluarkan edaran agar proses pembelajaran dialihkan dari tatap muka menjadi belajar jarak jauh dari rumah, untuk mencegah penyebaran COVID-19. Pihak sekolah, dan siswa, banyak yang tidak siap dengan keputusan darurat tersebut. Meski demikian proses belajar tetap harus berlanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengalaman komunikasi para guru dalam proses pembelajaran online di Sekolah SMAN 1 Dampal Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk mengungkapkan pengalaman berkomunikasi para guru dalam memberikan materi pembelajaran saat pandemi COVID-19 kepada siswa sekolah SMAN 1 Dampal Utara. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada para guru serta observasi lapangan di lokasi, serta studi dokumentasi dan literatur yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan perubahan komunikasi dilakukan guru kepada sesama pengajar, sangat berbeda jauh yang tadinya hanya tatap muka, namun digantikan system belajar online. Untuk memudahkan penyampaian, maka digunakan beberapa media online, yakni Whatsapp, Zoom, Google Meet dan classroom. Pengalaman komunikasi guru kepada siswa muncul ketika peserta didik yang ditimbulkan dari komunikasi yang berlangsung secara online adalah kesulitan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan pemahaman atau logika. Selain itu, lemahnya sinyal dan keterbatasan kepemilikan telepon seluler maupun laptop menjadi pengalaman komunikasi yang dilangsung dari para guru kepada peserta didik di SMAN 1 Dampal Utara. Kata kunci : pembelajaran online, media sosial, daring, telepon seluler, hambatan komunikasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up