Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKOMUNIKASI PERSUASIF GURU BAHASA KAILI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA KAILI PADA SISWA DI SD UNGGULAN PUTRA KAILI PERMATA BANGSA
Nama: M. AMIEN RAIS RASYID
Tahun: 2023
Abstrak
Program Studi Ilmu Komunikasi Kosentrasi Jurnalistik. Skripsi Komunikasi Persuasif Guru Bahasa Kaili Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Kaili Pada Siswa Di SD Unggulan Putra Kaili Permata Bangsa. Pembimbing I Fadhliah, dan Nur Haidar, sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komunikasi persuasif guru bahasa kaili dalam meningkatkan keterampilan berbahasa kaili pada siswa di SD Unggulan Putra Kaili Permata Bangsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Menggunakan metode komunikasi persuasif Hafied Cangara, yaitu fear appeal, emotional appeal, reward appeal, motivational appeal dan humorius appeal.Subjek dalam penelitian ini yaitu guru yang mengajarkan bahasa kaili. Deskriptif kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, Display (penyajian data), dan verifikasi data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya beberapa teknik penyajian pesan komunikasi persuasif yang digunakan dalam proses belajar mengajar antara guru dan siswa di SD Unggulan Putra Kaili Permata Bangsa yaitu : fear appeal, emotional appeal, reward appeal, motivational appeal dan humorius appeal efektif untuk digunakan guru dalam mempersuasif siswa dalam mengembangkan kemampuan berbahasa kaili siswa karena teknik penyajian pesan tersebut mudah diterima oleh siswa SD Unggulan Putra Kaili Permata Bangsa. Sedangkan faktor penghambat siswa dalam penggunaan Bahasa Kaili kurangnya peran orang tua/wali siswa yang membiasakan siswa untuk menggunakan Bahasa Kaili. Kata Kunci : Komunikasi Persuasif Guru, Keterampilan berbahasa, bahasa kaili.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up