JudulManajemen Isu Pada Humas RSUD Dr. H. Jusuf SK Dalam Upaya Menangani Keluhan Pasien |
Nama: NADYA DATUARRANG TANDISALLA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nadya Datuarrang Tandisalla. B 501 17 133. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations. Skripsi MANAJEMEN ISU PADA HUMAS RSUD DR. H. JUSUF SK DALAM UPAYA MENANGANI KELUHAN PASIEN. Dibawah Bimbingan Pembimbing Utama Sumarni Zainuddin, dan Pembimbing Pendamping Fitriani Puspa Ningsih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Humas RSUD dr. H. Jusuf SK dalam menangani keluhan pasien dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembalikan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini dilakukan di RSUD dr. H. Jusuf SK Kaltara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, dokumentasi, serta observasi. Informan dalam penelitian terdiri dari Direktur, Manajer, Kasubag Humas, Dokter Spesialis, Perawat, Pasien yang mendapat perlakuan baik dan buruk, pada RSUD dr. H. Jusuf SK Kaltara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Secara teori ada 5 tahap proses manajemen isu yaitu, identifikasi isu dimana Humas melihat perkembangan isu, lalu Humas menganalisis isu untuk mengetahui sumber isu, proses yang ketiga pilihan strategi perubahan isu untuk merencanakan tindakan selanjutnya, lalu program penanganan isu dimana Humas melaksanakan program yang telah ditetapkan, dan evaluasi. Umumnya Humas bersikap proaktif namun pada Humas RSUD dr. H. Jusuf SK lebih bersikap reaktif terhadap isu. Faktor pendukung dan penghambat secara internal maupun eksternal dalam mengembalikan kepercayaan masyarakat tentu memengaruhi kebijakan Humas. Kata kunci: Humas, Manajemen Isu, Keluhan. |