JudulMANAJEMEN KRISIS PT.GNI DALAM UPAYA PENGEMBALIAN CITRA PERUSAHAAN (STUDI KASUS KECELAKAAN KERJA) |
Nama: NUR AISAH ABU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nama NUR AISAH ABU (B01 17 123) “Manajemen Krisis PT. GNI Dalam Upaya Pengembalian Citra (Studi Kasus Kecelakaan Kerja)”, Di bawah bimbingan Ilyas dan Dyah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manajemen krisis yang dilakukan oleh Humas Perusahaan untuk memperbaiki citra perusahaan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode pengelolaan krisis yang terdiri dari identifikasi data, analisis data, isolasi data, pilihan strategi dan program pengendalian. Dalam pilihan strategi terbagi menjadi strategi defensif strategi adaptif dan strategi dinamis. Objek penelitian ini yaitu apa yang menjadi sarana penelitian terkait krisis yang sedang terjadi dan manajemen krisis yang dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi krisis Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen krisis merupakan suatu proses dalam upaya penanggulangan krisis dengan melakukan hal-hal yang mengarah pada aktivitas penanggulangan krisis terkait dengan krisis kecelakaan kerja di PT GNI yang mana dapat dilihat dari 4 langkah pengolahan yang digunakan yaitu: (1). Identifikasi krisis, dalam penelitian ini humas berupaya mengumpulkan data dengan cara menggali informasi dari beberapa pihak seperti media, pemerintah dan juga karyawan yang dianggap memilik pengaruh terhadap krisis. (2). Analisis krisis, humas menyimpulkan pokok masalah yang harus diselesaikan lalu kemudian melaporkan hal tersebut kepada pihak manajemen perusahaan. (3). Isolasi krisis, krisis tidak menggunakan langkah isolasi krisis di mana perusahaan tidak memberhentikan kecelakaan kerja sehingga krisis dapat Meredam untuk sementara waktu. (4). Pilihan strategis, merumuskan langkah strategis berupa strategis dinamis dengan melakukan pengalihan perhatian melalui program pembagian dana CSR dan strategi adaptif dengan m elakukan perubahan internal, meluruskan Citra dilakukan dengan cara mengundang press dan membuat press realese untuk membangun citra positif perusahaan. selain itu membangun hubungan dengan press yaitu media tribun. (5). Program pengendalian, humas menerapkan langkah strategis yang telah dirumuskan untuk kurun waktu yang cepat sehingga hasil dari segala program pengelolaan krisis yang dibuat dapat dilihat hasilnya. Kata kunci: Manajemen krisis, PengembalianCitra Perusahaan, Komunikasi Krisis |