JudulPERSEPSI GAMERS DALAM KOMUNITAS GENSHIN IMPACT KOTA PALU PADA GAME ONLINE GENSHIN IMPACT |
Nama: RAFLI SAHRIAN M |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Rafli Sahrian M. B 501 17 108. Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Jurnalistik. Skripsi “Persepsi Gamers Dalam Komunitas Genshin Impact Kota Palu Pada Game Online Genshin Impact” dibimbing oleh Stepanus Bo’do Sebagai Pembimbing I dan Dyah Fitria Kartika Sari Sebagai Pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi anggota komunitas Genshin Impact di Kota Palu terhadap game online Genshin Impact,dengan fokus pada tiga indikator utama: sensasi, atensi, dan interpretasi. Metode survei digunakan untuk mengumpulkan data dari responden yang aktif berpartisipasi dalam komunitas game Genshin Impact. Analisis data melibatkan pengujian terhadap tiga aktivitas pembangun persepsi yaitu sensasi, atensi, dan interpretasi. Hasil uji validitas membuktikan setiap item pertanyaan dinyatakan valid dengan r hitung > 0,279, Hasil penguji reliabilitas menunjukan bahwa semua variabel dalam penelitian mempunyai koefisien alpha (a) yang cukup besar yaitu > 0,6 sehingga dapat dikatakan semua konsep pengukur masing-masing variabel dari kuesioner adalah reliabel. Hasil penelitian dari responden berjumlah 50 orang menunjukkan distribusi frekuensi masing-masing indikator menyentuh kategori baik/tinggi sesuai dengan data interval yang telah ditentukan. Hasil analisis data persentase jawaban positif dari ketiga indikator yaitu sensasi berjumlah 91.25%, atensi berjumlah 79.88%, dan interpretasi berjumlah 80% yang menunjukkan bahwa anggota komunitas genshin impact Kota Palu memiliki persepsi bahwa game online genshin impact memiliki peran aktif dalam peningkatan kualitas diri dari berbagai aspek mulai dari kemampuan pemecahan masalah, pengenalan budaya sampai dengan kemampuan bersosialisasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa game online Genshin Impact bukan hanya sebagai permainan yang memuaskan dari segi hiburan, tetapi juga menjadi objek peningkatan keterampilan kognitif dan daya kreatif pada aspek perkembangan diri pemainnya sekaligus dapat meminimalisir stigma negatif masyarakat umum terhadap game online. Kata Kunci : Persepsi Anggota Komunitas, Game Online, Genshin Impact, Identitas Diri |