Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengalaman Komunikasi Guru Dalam Proses Pembelajaran Home Visit Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Smp Slb Negeri Adean Kabupaten Banggai Laut)
Nama: TITI PRATIWI ARIDIN
Tahun: 2022
Abstrak
Abstrak Titi Pratiwi Aridin B 501 17 107 “Pengalaman Komunikasi Guru Dalam Proses Pembelajaran Home Visit Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada SMP SLB Negeri Adean Kabupaten Banggai Laut)” Jurusan Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan Sitti Murni Kaddi dan Nurhaidar. Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena pembelajaran yang dilakukan di masa pandemi covid-19 dengan metode kunjungan ke rumah siswa dimana siswa yang di maksud disini ialah siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman komunikasi guru dalam proses pembelajaran home visit pada anak berkebutuhan khusus di masa pandemi covid19. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian fenomenologi. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara mendalam terhadap tiga informan yang telah dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa Proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 memberikan pengalaman komunikasi tersendiri bagi masing-masing guru pengajar siswa berkebutuhan khusus. Pengalaman komunikasi terjadi dalam diri pribadi guru dan juga terjadi pada lingkungan sekitar dari anak berkebutuhan khusus, pengalaman komunikasi yang dirasakan guru selama proses pembelajaran dimasa pandemi ini siswa menunjukan sikap, perasaan, dan perilaku yang berbeda dengan ketika di sekolah, Sehingga memberikan tantangan bagi guru untuk lebih bisa berkomunikasi dengan siswa. pengalaman komunikasi tidak hanya dirasakan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di masa pandemi pada siswa berkebutuhan khusus namun juga dirasakan oleh orang tua siswa berkebutuhan khusus, dimana terkadang orang tua juga mengeluhkan perihal pembelajaran di masa pandemi ini, dikarenakan proses kunjungan guru yang bertabrakan dengan hari kerja orang tua siswa dan minimnya pengetahuan orang tua perihal metode mengajari anak yang mengalami keterbatasan khusus, sehingga mereka tidak bisa membimbing anak mereka dalam belajar. Kata Kunci : Pengalaman Komunikasi, Covid-19, Guru, Pembelajaran Home Visit

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up