Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMotif Pendengar Radio Di Era Perkembangan Teknologi Informasi (Studi Kasus Pada Generasi Z Di Masamba)
Nama: ROHANI
Tahun: 2023
Abstrak
Rohani B 501 17 106 Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Broadcasting Universitas Tadulako. Skripsi Motif Pendengar Radio Di Era Perkembangan Teknologi Komunikasi Studi Kasus Pada Generasi Z Di Masamba. Dibimbing oleh Andi Akifah Sebagai Pembimbing I dan Muhammad Wahid Sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif generasi Z di Masamba dalam mendengarkan Radio Adira FM Masamba. Penelitian ini menggunakan teori dari Mc Quail yang memandang motif berdasarkan empat indikator yaitu Motif Informasi, Motif Identitas Pribadi, Motif Integritas dan Interaksi Sosial, dan Motif Hiburan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan menggunakan analisis??kualitatif?dengan?menggunakan?cara-cara?yang?sistematis?dalam melakukan pengamatan, pengumpulan data, analisis informasi, dan pelaporan hasilnya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan sekunder yang terbagi atas observasi, dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Motif generasi Z di Masamba dalam mendengarkan radio dominan Motif Informasi karena rata-rata informan mengatakan melalui radio mereka dapat memperoleh informasi yang cepat dan aktual. Sementara untuk Motif Identitas Pribadi informan??mengaku??radio?dapat?membantu?dalam??pengenalan?diri??atau menonjolkan citra diri pada pendengar radio. Untuk Motif Integrasi dan Interaksi Sosial?informan mengatakan bahwa melalui radio mereka dapat berinteraksi dengan orang lain, menambah lingkup pertemanan yang baru dan bersalam sapa dengan kawan lama. Sedangkan pada Motif Hiburan pendengar radio generasi Z di Masamba dapat merasakan suasana rileks sehingga dapat menghilangkan kejenuhan dan kebosanan oleh aktivitas seharian. Selain motif yang sudah dirumuskan oleh Mc Quail terdapat motif lain pendengar radio generasi Z di Masamba yaitu Motif Mencari kesenangan yang mana informan mengatakan melalui radio emosi mereka terlampiaskan dengan membagikan cerita yang mereka alami sehingga banyak dari pendengar lain memberikan komentar positif.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up