Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS STRATEGI PEMASARAN KONTEN PADA INSTAGRAM SULTAN KELAPA
Nama: MUTMAINNA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Mutmainna, B 501 17 088, Jurusan Ilmu Komunikasi. Skripsi Analisis Strategi Pemasaran Konten pada Instagram Sultan Kelapa. Dibawah bimbingan oleh Fadhliah sebagai konsultan I dan Ahmad Fauzan sebagai konsultan II. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran konten yang dilakukan oleh Sultan kelapa pada instagram. Hal ini bertujuan agar bisa mengetahui secara rinci terkait Analisis Pemasaran Konten pada instagram Sultan Kelapa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dasar penelitian ini menggunakan study kasus. Objek penelitian ini adalah instagram dari sultan kelapa. Sedangkan penentuan subjek penelitian diperoleh melalui beberapa individu yang berkualitas dan karakter yang sudah ditentukan sebelumnya yaitu berjumlah dua orang. serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapunteknik analisis data yang digunakan yaitu tahap reduksi data,tahap display data, tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sultan Kelapa menggunakan enam indikator langkah-langkah strategi pemasaran konten pada instagram Sultan Kelapa yaitu menetapkan tujuan, menentukan ide dan perencanaan konten, distribusi konten, konten amplifikasi, evaluasi pemasaran konten dan terakhir peninkatan pemasaran konten. Sebagai usaha baru Sultan Kelapa perlu untuk memasarkan produknya serta meningkatkan jumlah pengikut dimedia sosial instagram. Penentuan ide dan merencanakan konten yang menarik akan mendukung meningkatnya konsumen yang berasal dari instagram, selebgram @Soal Palu dan @Lucky Tembang sebagai Endorse dengan followers diinstagram yang memiliki banyak pengikut baik anak muda di Kota Palu dan luar Kota Palu. Pada unggahan Sultan Kelapa sering memikirkan waktu yang tepat jam pagi hari serta siang hari karena diwaktu itu banyak yang aktif untuk menggunakan media sosial di instagram. Dalam hal ini menggunakan selebgram mempermudah orang untuk melihat unggahan produk yang dipasarkan. Kenaikan jumlah followers maupun pemasaran mengalami peningkatan, disamping meningkatnya pemasaran Sultan Kelapa menambahkan tingkat pemasarannya dengan melakukan interkasi terhadap followers dari hanya menggunakan @Soal Palu dan @Lucky Tembang sebagai selebgram kemudian membuat konten terkait promo, give away, tanya jawab serta Q and A sebagai salah satu strategi untuk menarik minat konsumen. Dapat disimpulkan analisis Strategi pemasaran konten pada instagram yang dilakukan oleh Sultan Kelapa berjalan secara baik karena memanfaatkan media sosial instagram sesuai dengan sumber daya manusia (followers) yang meningkatkan namun juga dalam pembuatan konten yang akan dipasarkan mereka kekurangan sumberdaya secara kuantitas dibidangnya serta belum memfokus pemasarannya konten pada instagram @sultan Kelapa Id. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran Konten, Instagram.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up