JudulPENGELOLAAN KONTEN MEDIA ONLINE PADA HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA PROVINSI SULAWESI TENGAH |
Nama: GLORIA YULIANA PADU |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Gloria Yuliana Padu, B50117071 Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Public Relations, Skripsi, “Pengelolaan Konten Media Online Pada Humas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Sulawesi Tengah”. Di bawah bimbingan Hj. Israwaty Suriady, dan Giska Mala Rahmarini. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengelolaan konten media online pada humas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Sulawesi Tengah. Dasar penelitian ini mengacu pada metode studi kasus. Teknik penentuan jumlah informan menggunakan metode purposive sampling. Informan berjumlah tiga orang yaitu, Kepala Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi, Penyusunan Laporan dan hasil evaluasi, Pengelola Teknologi Informasi. Teori yang digunakan yaitu pengelolaan konten media online menurut Asep Syamsul Romli yang dibagi menjadi dua, sajian dan kemasan informasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten yang disajikan oleh humas Kemenkumham Sulteng di media online umumnya dalam bentuk berita. Konten yang disajikan seputar Kemenkumham Sulteng dan konten dari para divisi dan satuan kerja (satker) yang berkaitan langsung dengan Kemenkumham Sulteng contohnya seperti imigrasi dan lapas. Konten pertama kali diposting di website kemudian diedit kembali untuk menyesuaikan kapasitas karakter kata yang terdapat di twitter, facebook, dan instagram. Konten yang disajikan di media online dikemasa tampilannya menggunakan twibbon atau bingkai yang marak digunakan. Tujuan penggunaan twibbon ialah untuk menarik perhatian publik, memperindah kemasan konten sehingga publik tidak merasa bosan. Twibbon yang dimiliki merupakan hasil desain kreativitas pihak humas Kemenkumham Sulteng yang mempunyai ciri khas yaitu, identik dengan warna biru tua sesuai dengan warna logo Kemenkumham dan warna teks atau caption yang senada yaitu putih, kuning dan juga hitam yang terdapat dalam twibbon. Kata Kunci : Pengelolaan Konten, Media Online, Humas |