Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKomunikasi Interpersonal Guru Dan Orangtua Dalam Pendampingan Anak Belajar Online Melalui WhatsApp (Studi Kasus Pada TK Islam Terpadu Pelita Palu)
Nama: DINASATRI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Dinasatri. B 501 17 049. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Skripsi Komunikasi Interpersonal Guru Dan Orangtua Dalam Pendampingan Anak Belajar Online Melalui WhatsApp (Studi Kasus Pada TK Islam Terpadu Pelita Palu) Dibawah Bimbingan Ibu Hj. Fadhliah Sebagai Pembimbing I Dan Ibu Nurhaidar Sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Komunikasi Interpersonal Guru dan Orangtua dalam Pendampingan Anak Belajar Online melalui Whatsapp (Studi Kasus Pada TK Islam Terpadu Pelita Palu). Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat. Penelitian ini dilaksanakan pada orang-orang yang mengalami dan mengetahui secara langsung. Subjek atau informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang yang dipilih melalui purposive sampling. Pengumpulan data ini dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam serta menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal sebagai sebuah sistem terdiri atas tiga komponen antara lain: input menujukkan bahwa adanya tujuan yang sama yang ingin di capai yakni pembelajaran dapat berjalan maksimal di mana siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan melalui usaha orangtua mendampingi anak sehingga membentuk hubungan lebih personal antara guru dan orangtua di luar pembelajaran. Kedua proses dalam hal ini yaitu pembicaraan antara guru dan orangtua terkait pembelajaran online dengan melalui media komunikasi virtual maupun bertemu langsung jika masalah yang dibicarakan sulit dijelaskan secara virtual seperti masalah internal keluarga yang mempengaruhi tidak efesiennya orangtua mendapingi anaknya. Ketiga output pada komponen ini yaitu komunikasi yang lebih terbuka dan jujur antara guru dan orangtua mengenai permasalahan dan keluhannya selama proses pembelajaran online dilaksanakan yang kemudian diberikan solusi sehingga pembelajaran online dapat berjalan secara maksimal. Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Pembelajaran online, Guru, Orangtua

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up