Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Media Zoom Video Communication Dalam Pembelajaran Daring (Online) Pada Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako
Nama: MEIKA DWIYARSI
Tahun: 2021
Abstrak
Meika Dwiyarsi W.Achmad (B 501 17 045) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako Konsentrasi Public Relation. Skripsi Efektivitas Media Zoom Video Communication Dalam Pembelajaran Daring (Online) Pada Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Ibu Sumarni Zainuddin sebagai pembimbing I dan Ibu Dwi Rohma Wulandari sebagai pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media zoom video communication dalam pembelajaran daring (online) pada program studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan teori new media berdasarkan konsep dari efektivitas media yang terdiri dari 6 poin yaitu dimensi acessbility, dimensi speed, dimensi amount, dimensi cognitive effectiveness, dimensi relevance, dan dimensi motivating. Informan dalam penelitian ini berjumlah (68) orang yang dipilih dengan penggunaan sampel menggunakan rumus slovin dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online. Hasil akumulasi variabel efektivitas media dari penelitian, menunjukkan bahwa efektivitas media zoom video communication dalam pembelajaran daring (online) tidak efektif pada program studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako. Dengan memperoleh skor keseluruhan 60,24%. Apabila dilihat dari hasil akumulasi 6 dimensi tersebut, maka dimensi acessbility memperoleh skor 182 atau 66,91% yang masuk dalam kategori efektif, dimensi speed memperoleh skor 158 atau 58,09% masuk dalam kategori tidak efektif, dimensi amount memperoleh skor 153 atau 56,26% masuk dalam kategori tidak efektif, dimensi cognitive effectiveness memperoleh skor 156 atau 57,36% masuk dalam kategori tidak efektif, dimensi relevance memperoleh skor 165 atau 60,66% masuk dalam kategori tidak efektif, dan dimensi motivating memperoleh skor 166 atau 61,02% masuk dalam kategori tidak efektif. Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi salah satu nilai tambah dalam mempertimbangkan evaluasi kampus terhadap pembelajaran daring (online) dimasa pandemi Covid-19, karena efektivitasnya dalam aksesibilitas pembelajaran perlu diperhatikan agar dapat membantu memenuhi tujuan dari proses pembelajaran. Kata Kunci : New media, efektivitas media, Zoom video communication

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up