JudulPENGARUH PESAN IKLAN KOMERSIAL JAMU HERBAL DI RADIO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT KOTA PALU |
Nama: DANTI INDRIANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pesan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Pembelian baik secara simultan maupun secara parsial dan manakah variabel yang paling berpengaruh secara signifikan. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, dan Sumber Pesan, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Keputusan Pembelian. Iklan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan iklan jamu herbal yang di siarkan di radio. Penelitian ini menggunakan tipe eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 90 responden atau konsumen yang akan melakukan pembelian produk jamu herbal dengan teknik pengumpulan data menggunkan kuesioner secara langsung. Untuk analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya nilai koefisien R sebesar 0,670 yang menurut kategori Guilford berarti terdapat pengaruh yang kuat antara variabel pesan iklan komersial (X) terhadap keputusan pembelian (Y), pengujian hipotesis hipotesis pada penelitian ini dengan membandingkan nilai Fhitung > Ftabel sebesar (17,351 > 3,55) dengan membandingkan nilai sig. 0,000 < 0> Ttabel atau nilai sig < 0> 0,1. Sedangkan variabel yang memiliki kontribusi paling besar adalah variabel Isi Pesan. Kata Kunci : Pesan Iklan, Keputusan Pembelian |