Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PT. OTI EYA ABADI DALAM PENYELESAIAN KONFLIK DI DESA KOLONO
Nama: SAIFULLAH LABINTA
Tahun: 2023
Abstrak
Saifullah Labinta Stambuk B50117025 Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations Skripsi “Strategi Komunikasi Humas Pt. Oti Eya Abadi Dalam Penyelesaian Konflik Di Desa Kolono”. Di bawah bimbingan Ilyas sebagai pembimbing I dan Rizqy Alfiyaty sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyelesaian konflik dan upayah penanganan yang dilakukan Humas PT. Oti Eya Abadi dalam memperbaiki citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif. Objek pada penelitian ini adalah strategi yang digunakan Humas PT. Oti Eya Abadi dalam menagani konflik yang terjadi sedangkan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling terhadap tujuh informan yang memiliki pengaruh besar terhadap judul yang diangkat, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi Humas PT. Oti Eya Abadi dalam menyelesaikan konflik dengan masyarakat Desa Kolono melaui proses konsiliasi, atau pendekatan secara perseorangan, pada proses ini dilakukan dengan mendegarkan keluhan dari masyarakat. Humas berusaha memahami masalah dan permintaan masyarakat, sementara perusahaan memiliki keinginan yang juga perlu diselaraskan. Mereka melakukan rapat, memanggil pihak yang terlibat, memberikan deadline dan memantau progress pekerjaan sehingga upaya komunikasi yang baik dilakukan untuk menyelesaikan konflik. 2) Strategi negosiasi Humas PT. Oti Eya Abadi dalam menyelesaikan konflik dengan masyarakat Desa Kolono melibatkan pendekatan berdasarkan angka-angka dan alternatif jalan tengah untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan masyarakat, sedangkan pemerintah desa berperan sebagai fasilitator dan mediator dalam penyelesaian konflik. 3) Strategi mediasi Humas PT. Oti Eya Abadi dalam menyelesaikan konflik dengan masyarakat Desa Kolono melibatkan pihak ketiga sebagai penengah atau pendamping untuk mencegah perselisihan yang berujung pada kekerasan. Mediasi tersebut juga melibatkan penandatanganan perjanjian atau kesepakatan yang konkret antara perusahaan dan masyarakat. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Humas, Penyelesaian Konflik,

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up