JudulANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH DDI LAKATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 |
Nama: AHSANU RAHMAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK AHSANU RAHMAN. Analisis Pemanfaatan Media Sosial Dalam Mendukung Kegiatan Belajar Siswa Madrasah Aliyah DDI Lakatan Tahun Pelajaran 2019/2020 (Dibawah bimbingan Mahpuddin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh pemanfaatan media sosial dalam mendukung kegiatan belajar siswa siswi di Madrasah Aliyah DDI Lakatan. Penelitian ini merupakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan yang diwawancarai berjumlah sepuluh orang siswa siswi Madrasah Aliyah DDI Lakatan yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan yaitu tergolong dalam peringkat sepuluh besar. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan informan dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahapan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data dan Verivikasi (Penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua jenis media sosial yang digunakan dalam menunjung proses pembelajaran yaitu media sosial Whatsapp yang difungsikan sebagai sumber informasi utama serta sebagai wadah diskusi, dan media sosial yang kedua yaitu Blog yang berfungsi sebagai tempat siswa mencari literatur dan refrensi. Dengan adanya media sosial tersebut sangat memberikan manfaat kepada siswa, selain sebagai sumber belajar juga sebagai sarana diskusi, sharing, dan tanya jawab yang menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Siswa Madrasah Aliyah DDI Lakatan menjadi sebuah keharusan menggunakan media sosial atas perintah guru karena media sosial adalah alat penghubung dan wadah antara siswa dan guru karena pada saat penelitian ini berlangsung pembelajaran secara Daring (Dalam Jaringan) masih di berlakukan. Kata Kunci : Media Sosial, Pembelajaran. |