Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH DESAIN IKLAN BANNER GRAB TERHADAP TINGKAT PERHATIAN MASYARAKAT DI KOTA PALU
Nama: WULAN
Tahun: 2023
Abstrak
Wulan. B50116095, Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Broadcasting. Skripsi, Pengaruh Desain Iklan Banner Grab Terhadap tingkat Perhatian Masyarakat Di Kota Palu. Dibimbing Oleh pembimbing I Hj. Israwaty Suriady dan pembimbing II Giska Mala Rahmarini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan baik secara simultan dan parsial antara desain iklan banner grab terhadap perhatian masyarakat dan variabel komunikasi visual yang berpengaruh paling besar terhadap tingkat perhatian masyarakat di kota palu. Penelitian ini menggunakan tipe eksplanatif dan dasar penelitian survei. Teknik pengumpulan datanya dengan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Lokasi penelitian berada di kelurahan tavanjuka, palupi dan kelurahan tondo. Skala pengukuran instrumen menggunakan skala likers. Teknik analisis datanya dengan analisis regresi linear berganda, uji F dan Uji T Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya nilai koefisien R sebesar 0,666 menurut standar kategori Guilford terdapat pengaruh yang kuat antara variabel independent dengan variabel dependen. Pada Uji simultan pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 yakni kurang dari 0,05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas yaitu unsur desain iklan terhadap variabel terikat yaitu tingkat perhatian masyarakat. Pada uji parsial nilai signifikan variabel X1 sebesar 0,049 dan variabel X5 0,014 yakni kurang dari 0,05. Artinya terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel tipografi dan variabel layout terhadap tingkat perhatian masyarakat. Nilai signifikan pada variabel X2, variabel X3 dan variabel X4 lebih besar dari 0,05. Sehingga variabel garis, ilustrasi dan warna memiliki pengaruh terhadap tingkat perhatian masyarakat tetapi tidak signifikan. Sedangkan nilai kontribusi X terhadap Y sebesar 0,444. Kata Kunci : Desain, Grab, Komunikasi Visual, Perhatian masyarakat.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up