Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT MIDI UTAMA INDONESIA, TBK (ALFAMIDI CAB. PALU)
Nama: SYAHRIL ABD. RAZAK
Tahun: 2022
Abstrak
Syahril Abd. Razak B501 16 094. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations. Skripsi Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Midi Utama Indonesia, Tbk (Alfamidi Cab. Palu) dibawah bimbingan Ilyas Lampe. Tujuan penelitian ini yaitu pertama/satu mengetahui perencanaan program Corporate Social Responsibility PT. Midi Utama Indonesia, Tbk (Alfamidi Cab. Palu) (2) mengetahui implementasi Corporate Social Responsibility PT. Midi Utama Indonesia, Tbk (Alfamidi Cab. Palu) (3) mengetahui evaluasi Corporate Social Responsibility PT. Midi Utama Indonesia, Tbk (Alfamidi Cab. Palu). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak tujuh (7) orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program CSR dimulai dari tahap Social Mapping/pemetaan sosial dan Observasi Langsung (Survei Lokasi). Kegiatan Social Mapping dan Observasi Langsung (Survei Lokasi) dilakukan dengan cara metode survey dan Focus Group Discussion (FGD), serta turun langsung kelapangan dan melihat secara langsung tempat/spot-spot yang ingin dilaksanakan program. Kemudian dilakukan dengan penyusunan Rencana Strategis (RS), dan terakhir penyusunan Rencana Kerja (REKER). Implementasi program CSR dilakukan dengan beberapa langkah yakni meremender/memilih program yang disusun oleh HO (Head Operation), lalu pengajuan proposal ke kantor pusat, proposal disini ialah estimasi dana program, kemudian kantor pusat menyetujui dana program langsung ditransfer ke kantor Cab. Palu, selanjutnya melakukan social mapping/pemetaan kemudian mencari tempat, serta observasi langsung (survei lokasi) oleh Tim Community Development Officer (CDO), kemudian persiapan program yang akan dilaksanakan seperti prepare, meating department dan perlengkapan dilapangan, lalu pelaksanaan program hingga selesai dan setelah dilaksanakan bikin laporan penanggung jawaban baru dikirim ke kantor pusat lagi sebagai laporan bahwa program telah terselesaikan. Evaluasi program CSR dilakukan dengan dua tahap yaitu evaluasi pertama/tengah program yang dilakukan oleh pihak internal perusahaan pada setiap bulannya/triwulan dalam bentuk rapat (KPE) keep performance defaktor (kinerja) dan evaluasi akhir program (evaluasi besar) yang dilakukan sekali dalam setiap tahunnya (keseluruhan program CSR) dengan melibatkan pihak internal perusahaan dan pihak yang bekerjasama seperti pemkot atau pihak independen (RT/RW) setempat serta tim Community Development Officer (CDO) dalam bentuk pertemuan rapat. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), Perencanaan, Implementasi, Evaluasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up