JudulPengembangan Konten Positif Dalam New Media (studi Kualitatif Kreator Konten Pataba Pictures Pada Kanal Youtube) |
Nama: SUFIANA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kemampuan literasi medi digital dalam pemanfaatan new media serta proses pengembangan konten positif dalam new media (studi kualitatif kreator konten Pataba pictures pada kanal youtube). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Informan berjumlah 6 orang yang dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara,dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreator konten pataba pictures memiliki kemampuan literasi media digital, dilihat dari kecakapannya terhadap pembuatan sebuah konten berdasarkan Analysis yaitu kreator mampu menganalisis, memahami, serta menjelaskan maksud pesan yang diangkat dari realitas nyata. Evaluasi yaitu menilai informasi faktual atau tidak serta melihat apresiasi dan respon penonton terhadap konten yang telah dipublikasikan. Grouping yaitu pengumpulan informasi dengan membuat persamaan dan perbedaan dari berbagai situs. Induction yaitu menilai, mengelompokkan, menentukan inti pesan dan mengkaji kebenarannya, kemudian merangkai khusus dalam lirik lagu selanjutnya dibagikan untuk umum. Deduction yaitu memahami isi dan tujuan sebuah informasi yang disampaikan secara umum berupa tulisan di media, kemudian merangkai khusus menjadi lagu. Synthesis yaitu memahami dan menyederhanakan sebuah informasi dengan merangkainya kedalam naskah. Abstracting yaitu mengkomunikasikan kembali hasil karyanya melalui media youtube, Facebook, instagram, dan WhatsApp. Kemampuan kreator dalam berpikir kritis, aktif dalam advokasi sosial dan kreatif dalam berekspresi dengan membuat konten sendiri berupa lagu terhadap sebuah informasi atau isu sosial, mengembangkan, hingga mengkomunikasikan kembali. Melalui rangkaian tersebut sehingga mampu membuat konten secara terstruktur dan bernilai positif. Terkait pengembangan konten positif dalam nem media menunjukkan bahwa proses produksi konten digital dilakukan melalui, tahap pra produksi diawali kreator dengan menentukan ide, mengumpulkan data pendukung, dan menulis naskah. Pada tahap produksi dilakukan kreator dengan cara tapping (rekaman) audio dan pembuatan video klip. Tahap pasca produksi yaitu kreator melakukan editing dengan cara capturing, memiliki scene, memberi visual efek, audio, dan penyuntingan. |