JudulEvent Marketing Authentic City Sebagai Bentuk Komunikasi Pemasaran PT. Nojorono Tobacco Di Palu |
Nama: ISTIKA BENAZIER |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen event yang dilakukan oleh PT. Nojorono Tobacco International dalam melaksanakan event marketing Authentic City sebagai bentuk komunikasi pemasaran di Kota Palu. Tipe penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan subjek penelitian berjumlah 4 orang berdasarkan metode purposive. Data diolah menggunakan teknik Analisis menurut Miles dan Huberman mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Authentic City sebagai letter iconic diharapkan dapat menggambarkan keaslian produk dengan tembakau murni berkualitas tinggi yang dikampanyekan secara tidak langsung melalui event. Manajemen POAC mulai dari Planning selalu berangkat dari tujuan acara sebagai dukungan bagi karya lokal pada setiap event seperti halnya Pasar Sale Sale Sale di masa pandemi covid-19 untuk mendukung UMKM, pemutaran film Lucky Kirana sebagai karya lokal kota Palu, dan konser virtual yang menampilkan band indie lokal sebagai hiburan di masa pandemi untuk menjangkau masyarakat secara lebih luas. Tahap organizing menjadi tanggung jawab bagi project leader di setiap event dengan pembagian tugas cenderung kepada komunitas yang bekerjasama dengan Authentic City. Pada tahap Actuating yang harus berjalan sesuai dengan tujuan juga diisi dengan hiburan seperti games dan kuis untuk memperkuat keterlibatan audiens. Pada tahap Controlling atau pengawasan dilakukan selama event berlangsung melalui handie talkie kepada setiap crew event, namun pengawasan juga dilakukan sebagai evaluasi pada akhir acara dengan melakukan diskusi secara informal atau santai bersama seluruh tim yang merupakan anggota komunitas yang bekerjasama. Penilaian dari kesuksesan akan dilihat dari jumlah pengunjung serta penjualan produk secara keseluruhan di setiap bulannya. Team leader divisi marketing akan menilai, event dengan konsep terbaik dan dapat mencapai dua poin tersebut akan lebih sering dilaksanakan. |