JudulSTRATEGI PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM OLEH PT. BANK SULTENG PADA AKUN INSTAGRAM @banksulteng |
Nama: SRI APRILIYANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Sri Apriliyanti, B 501 16 043 “STRATEGI PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM OLEH PT. BANK SULTENG (pada akun @banksulteng)”, Jurusan Sosiologi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako. Dibawah Bimbingan Hj. Sumarni Zainuddin dan Dyah Fitria Kartika Sari. Kemunculan media baru membawa pengaruh yang baik bagi beberapa perusahaan dalam memanfaatkan media baru ini. Salah satunya yaitu media sosial Instagram. Kehadiran Instagram cukup membantu beberapa individu maupun perusahaan sebagai hal yang strategis untuk berbisnis. PT. Bank Sulteng sebagai salah satu perusahaan yang telah memanfaatkan keberadaan media baru ini. Dalam memanfaatkannya, perusahaan ini tentu memiliki strategi untuk mengelola akun media sosialnya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan media sosial Instagram oleh PT. Bank Sulteng melalui akun @banksulteng. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam terhadap tiga informan yang telah dipilih melalui teknik purposive sampling, tiga orang tersebut adalah anggota Tim Pengelola Media Sosial Bank Sulteng bagian admin, pengelola konten dan bagian editor. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Strategi yang dilakukan oleh PT. Bank Sulteng dalam mengelola akun media sosialnya dengan membentuk Tim Khusus yaitu Tim Media Sosial Bank Sulteng yang bertanggung jawab khusus untuk menangani media sosial perusahaan. Akun Instagram dipilih untuk digunakan dan dikelola sebagai media promosi dan sebagai media informasi dan komunikasi PT. Bank Sulteng. Memiliki Kriteria atau syarat tersendiri dalam menentukan konten di akun media sosialnya. Selain itu tim pengelola juga melakukan beberapa tahapan dalam strategi pengelolaan media sosialnya, yaitu 1) Memilih untuk menggunakan dan pengelolaan media sosial Instagram dengan alasan respon khalayak pada akun Instagaram lebih banyak dibanding akun Facebook dan Twitter. 2) Menetapkan tiga konten berdasarkan kebutuhan khalayak yaitu konten berita yang berisi tentang kegiatan internal dan eksternal PT. Bank Sulteng. Konten promosi mengenai promosi/informasi tentang produk-produk PT. Bank Sulteng. Dan konten ucapan yang berisi ucapan hari-hari besar dan ucapan wajib HUT Pemda. 3) Menyusun perencanaan pembuatan konten untuk jangka panjang selama 1 periode, mulai dengan mendata kegiatan perusahaan lalu mengumpulkan foto/video yang akan digunakan, menyiapkan pesan dan kemudian pemeriksaan konten berdasarkan kriteria yang dibuat oleh Tim Media Sosial Bank Sulteng. 4) Konten diunggah kedalam akun Instagram (@banksulteng) setelah melewati proses pemeriksaan konten oleh Tim Media Sosial Bank Sulteng. 5) Melakukan evaluasi konten jika dibutuhkan dan evaluasi besar diakhir periode. Kata Kunci : Media Sosial, Instagram, Strategi, Pengelolaan. |