JudulStrategi Komunikasi Pemasaran PT. Radio Mastura Suara Abadi Dalam Meningkatkan Minat Sponsor Di Kota Palu |
Nama: YONGKI PRABOWO |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Yongki Prabowo, B 501 16 035, Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relation. Skripsi Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Radio Mastura Suara Abadi Dalam Meningkatkan Minat Sponsor di Kota Palu dibimbing oleh Andi Akifah dan Dyah Fitria Kartika Sari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi komunikasi pemasaran PT. Radio Mastura Suara Abadi dalam meningkatkan minat sponsor di Kota Palu. peneliti ingin melihat bagaimana proses strategi komunikasi pemasaran yang mereka lakukan sehingga bisa bersaing dan merebut pasar dikota palu. Penelitian ini dilakukan di PT. Radio Mastura Suara Abadi, Palu-Indonesia. Adapun Informan dalam penelitian sebanyak tiga (3) orang. merupakan pengurus Radio Mastura Suara Abadi Palu. Hasil penelitian ini menunjukan Strategi komunikasi pemasaran PT. Radio Mastura Suara Abadi ditinjau Strategi Komunikasi Pemasaran Model PESO yaitu, Paid Media, Bentuk pemanfaatan paid media yang dilakukan oleh PT. Radio Mastura Suara Abadi adalah iklan di koran dan majalah lokal, Mercusuar, dan Radar Sulteng dengan jalinan kontrak satu tahun, pada tahun 2013-2014. Untuk tiga tahun terakhir hingga sat ini PT. Radio Mastura Suara Abadi sudah tidak menggunakan paid media lagi melainkan lebih memanfaatkan media sosial perusahaan untuk menyebarkan informasi mengenai informasi dan promosi radio. Earned Media, liputan atau ulasan yang dipublikasikan oleh media online tanpa perlu membayar mengenai suatu dari PT. Radio Mastura Suara Abadi, yaitu dengan menjalin Kerjasama kepada NGO (Non-Governmental Organization) sejenakhening.com, melakukan kegiatan Radio Talk yang membahas mengenai kesehatan masyarakat yang disebar luaskan langsung oleh akun istagram milik sejenakhening.com. PT. Mastura Suara Abadi juga menjalin kerja sama dengan Media lokal yaitu (Antaranews.Sulteng) untuk meliput kegiatan rapid tes yang dilakukan oleh semua crew radio. Shared Media Bentuk implementasi yang dilakukan PT. Radio Mastura Suara Abadi adalah dengan mengaktifkan dan update di akun media social yaitu, Instagram . fanpage Instagram tersebut memiliki sebanyak 890 pengikut dan post terakhir diunggah pada 17 agustus 2021. Owned Media Penerapan yang diimplementasikan oleh PT. Radio Mastura Suara Abadi adalah membuat halaman web khusus mengenai Company Profile radio tersebut. yang menjadi bagian dari situs resmi PT. Radio Mastura Suara Abadi. Melalui lamannya yang bisa diakses di https://msradiopalu.business.site/. Kata kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Sponsor, PT. Radio Mastura Suara Abadi |