JudulKAMPANYE PENCEGAHAN COVID-19 MELALUI MEDIA LUAR RUANG (Studi Kasus Pencegahan Covid-19 Di Dinas Kesehatan Kota Palu) |
Nama: FAHRUL ISLAM |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Fahrul Islam, B 501 16 019, Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Public Relation, skripsi; “Kampanye Pencegahan Covid-19 Melalui Media Luar Ruang (Studi Kasus Pencegahan Covid-19 di Dinas Kesehatan Kota Palu)”. Di bawah bimbingan Ilyas dan Rizqy Alfiyaty. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kampanye pencegahan Covid-19 melalui media luar ruang oleh Dinas Kesehatan Kota Palu dan hambatan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi dan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data. Dalam penelitian ini, dua orang informan yang terdiri dari Kepala seksi Promosi dan Kesehatan serta Kepala seksi Surveilans dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Kesehatan Kota Palu menggunakan pendekatan teoritis AIDDA dalam kampanye pencegahan Covid-19 melalui media luar ruang. Mereka menarik perhatian masyarakat dengan menggunakan poster, banner, dan spanduk berukuran besar serta memilih lokasi strategis. Selain itu, mereka menyajikan ilustrasi yang unik dan mudah dipahami dalam desain kampanye untuk menarik minat masyarakat. Dinas Kesehatan Kota Palu juga menekankan pesan mengenai bahaya Covid-19, dampaknya terhadap kesehatan, pentingnya menggunakan masker, dan mendorong vaksinasi. Keputusan dalam kampanye ini didasarkan pada hasil musyawarah, bagi masyarakat keputusan yang diambil adalah mau mengikuti arahan dari Dinas Kesehatan Kota Palu dan tindakan yang dilakukan meliputi upaya meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai bahaya Covid-19 dan program vaksinasi. Namun, kampanye pencegahan Covid-19 melalui media luar ruang oleh Dinas Kesehatan Kota Palu juga menghadapi beberapa hambatan. Faktor-faktor penghambat tersebut meliputi kurangnya tenaga ahli dalam Dinas Kesehatan Kota Palu, kekurangan tenaga ahli dalam bidang desain, dan masih adanya masyarakat yang mempercayai isu hoax tentang program vaksin. Meskipun demikian, kampanye ini tetap memberikan dampak positif kepada masyarakat Kota Palu dalam meningkatkan pemahaman tentang bahaya Covid-19. Kata Kunci: Kampanye, Media Luar Ruang, Pencegahan Covid-19 |