JudulSTRATEGI KOMUNIKASI HUMAS KANTOR BEA DAN CUKAI DALAM MENSOSIALISASIKAN PEMBERIAN NOMOR POKOK PENGUSAHA BARANG KENA CUKAI |
Nama: MIRDA YANTY |
Tahun: 2022 |
Abstrak Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Humas Kantor Bea dan Cukai dalam menginformasikan Peraturan-peraturan dan izin Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC) yang harus dimiliki oleh pengguna jasa dan Pengusaha Barang Kena Cukai (BKC). Penelitian ini dilakukan di Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean C Pantoloan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Deskriptif Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Infroman dalam penelitian ini berjumlah enam (6) orang. Semua telah dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Humas Bea dan Cukai Pantoloan menggunakan Humas sebagai komunikator dalam kegiatan sosialisasi pemberian NPPBKC adapun pihak lain yang menjadi komunikator salah satunya adalah dari pihak Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Tengah, isi pesan yang disampaikan terkait prosedur pemberian NPPBKC pada usaha yang termasuk dalam kategori Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA), serta peran dan fungsi KPPBC TMP C Pantoloan. Kata Kunci: Humas, Strategi Komunikasi |