JudulKOMUNIKASI PERSUASIF AGEN HNI-HPAI DALAM MEREKRUT MITRA DI KOTA PALU |
Nama: ANATA DWI PRATIWI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Anata Dwi Pratiwi. B 501 16 013. “Komunikasi Persuasif Agen HNI-HPAI Dalam Merekrut Mitra di Kota Palu.” Program Studi Ilmu Komunikasi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan Ilyas dan Rizqy Alfiyaty. PT. HNI-HPAI merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Usaha Perdagangan Produk dimana sistem atau cara pemasarannya dilakukan melalui jaringan berjenjang yang dikembangkan mitra usaha dengan konsep Halal Network. Tujuan dilakukannya penelitian yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan komunikasi persuasif yang dilakukan Agen HNI-HPAI dalam merekrut mitra di Kota Palu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek/informan penelitian berjumlah 3 orang terdiri dari Agen HNI-HPAI yang aktif melakukan perekrutan prospek di Kota Palu. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi persuasif yang dilakukan Agen HNI-HPAI dalam merekrut mitra di Kota Palu, meliputi: Strategi Psikodinamika, yakni dengan membangun komunikasi melalui pesan yang bernilai religius, juga penyampaian pesan dengan menekankan poin alami dan herbal; Strategi Persuasi Sosiokultural, yakni dengan cara menawarkan peluang bisnis yang ada di HNI-HPAI; Strategi the Meaning Construction, yakni dengan menggunakan analogi perbandingan produk apple to apple dan penggunaan kata “Hijrah Produk” dalam pesan persuasif yang disampaikan. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Multi Level Marketing (MLM), HNI-HPAI, Kota Palu. |