JudulMANAJEMEN RELATIONAL PADA STAKEHOLDER EKSTERNAL PT. CIPTA AGRO NUSANTARA III KABUPATEN DONGGALA |
Nama: SUSAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Susan, B 501 16 011 “Manajemen Relational Pada Stakeholder Eksternal PT. Cipta Agro Nusantara III Kabupaten Donggala’’ Program Studi Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan Hj. Israwaty Suriady dan Rizqy Alfiyaty. PT. Cipta Agro Nusantara III merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Usaha Sebagai perusahaan penyedia Pupuk NPK Dan bahan Kimia Lainya berusaha menjalin hubungan baik dengan Stakeholder Eksternal. Tujuan dilakukannya penelitian yaitu untuk mengetahui Stakeholders Eksternal di perusahaan PT. Cipta Agro Nusantara III dan mendeskripsikan upaya Humas PT. Cipta Agro Nusantara III dalam mendengarkan pendapat, aspirasi, serta mengidentifikasi keinginan stakeholder Eksternal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek/informan penelitian berjumlah 4 orang terdiri dari Humas PT. Cipta Agro Nusantara III, Kepala Desa Dalaka, Ketua Komunitas ibu PKK Desa Dalaka, Ketua Kelompok Tani Desa Dalaka. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Cipta Agro Nusantara III Kabupaten Donggala mempunyai eksternal stakeholders yaitu pelanggan/konsumen, pemerintah, community dan pers. PT. Cipta Agro Nusantara III Kabupaten Donggala berusaha menjalin hubungan yang baik dengan stakeholdersnya, terutama eksternal stakeholders, beberapa upaya Humas PT. Cipta Agro Nusantara III dalam mendengarkan pendapat, aspirasi, serta mengidentifikasi keinginan stakeholder, meliputi: dengan PT. Cipta Agro Nusantara III, senantiasa berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan masyarakat di sekitar PT. Cipta Agro Nusantara III, berperan sebagai Personal In Charge (PIC) yang mewakili perusahaan di masyarakat, menerima permintaan stakeholder yang belum teridentifikasi melalui surat serta secara aktif melakukan komunikasi dua arah dengan Media Relations dengan memonitor berita dan membuat kliping untuk mengetahui respon masyarakat terhadap perusahaan. Kata Kunci: Manajemen Relational, Stakeholder Eksternal |