JudulBudaya Komunitas Thrifting Dalam Praktik Pemasaran Thrift Shop (Studi Netnografi Pada Akun Instragram Thrift ShopDi Kota Palu) |
Nama: ZULFADLI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Zulfadli. B 501 16 006. Judul “Budaya Komunitas Thrifting Dalam Praktik Pemasaran Thrift Shop (Studi Netnografi Pada Akun Instragram Thrift Shop Di Kota Palu)”. Dibimbing oleh Stepanus Bo’do sebagai pembimbing I dan Dyah Fitria Kartika Sari sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan memahami bagaimana pengalaman berbelanja thrift sehingga mendorong terbentuknya komunitas thrift di Kota Palu dan bagaimana memanfaatkan komunitas thrifting untuk memasarkan produknya di Instagram. Tipe penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan subjek penelitian berjumlah tiga orang, objek penelitian adalah tiga akun media sosial yang membentuk komunitas organik pecinta barang thrifting. Data diolah menggunakan teknik analisis koding menurut Miles & Huberman dalam Kozinets serta menggeneralisasikan penelitian dengan metode netnografi menurut Kozinets. Hasil penelitan menjelaskan bahwa benar, secara tidak langsung pengalaman berbelanja barang thrift dapat membentuk komunitas organik yakni kebiasaan yang sama dari pecinta thrift sehingga terlihat seperti komunitas, hal ini lah yang disebut sebagai komunitas organik. Ketiga akun Instagram yang diteliti yakni Youth Thrift Market, Innori Hokki dan Daily Made memanfaatkan komunitas ini dalam penjualannya dengan mengikui kebiasan mereka di media sosial seperti mengunggah foto influencer atau artis yang menjadi panutan mereka saat menggunakan barang second yang ada di toko mereka, mereka juga menambahkan kesan bahwa barang bermerk juga dapat di beli oleh anak muda hingga dewasa yang mempunyai penghasilan menengah kebawah mauapun orang – orang yang mampu secara finansial. Kata Kunci : Netnografi, Komunikasi Pemasaran, Komunitas Thrifting |