JudulPromosi Geowisata Sesar Palu-Koro Pasigala (Kota Palu, Kabupaten Sigi, Dan Kabupaten Donggala) Pasca Bencana |
Nama: PUTRI LIMYANTO |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Putri Limyanto, B 501 16 005 “PROMOSI GEOWISATA SESAR PALU-KORO PASIGALA (Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala) PASCA BENCANA”, Jurusan Sosiologi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan Ilyas. Bencana alam yang melanda Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala pada tanggal 28 September 2018 berdampak besar bagi sektor pariwisata serta mempengaruhi angka kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Tengah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menjabarkan upaya promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan daerah terdampak melalui program Geowisata (Geologi Wisata) demi menarik kembali minat wisatawan agar mau kembali berkunjung. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara mendalam (indepth interview). Selain itu, penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan kunci sebanyak lima orang, yaitu 1) Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata; 2) Kepala Seksi Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan; 3) Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan Pariwisata; 4) Co-Founder Geotour Indonesia; 5) Pemandu Geowisata dan Geotour Indonesia; dan influencer dalam tour Geowisata Sesar Palu-Koro sebagai informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tengah telah melakukan upaya promosi yang lebih mengarah kepada pemanfaatan media, untuk menarik kembali minat wisatawan lokal, nasional, maupun mancanegara. Pemanfaatan media nyatanya sangatlah efektif, terlebih khusus dalam mempromosikan program Geowisata Sesar Palu-Koro ini dengan melalui media sosial yang melibatkan influencer; melakukan Focus Group Discussion (FGD); promosi melalui media sosial milik Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tengah; promosi pada saat China International Travel Mark (CITM); dan melalui film dokumenter bersama Halaman Belakang Films. Selain itu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tengah juga melakukan promosi destinasi yang ada diluar situs Geowisata tersebut, dengan melakukan promosi langsung ke beberapa kota; promosi melalui official account @pesonawisatasulawesitengah; promosi melalui beberapa event, dan melaksanakan pelatihan pemandu Geowisata Sesar Palu-Koro. Kata kunci: Bencana Alam, Geowisata, Promosi. |