JudulSTRATEGI KOMUNIKASI PADA DIVISI MARKETING COMMUNICATION PALU GRAND MALL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PASCA BENCANA ALAM PASIGALA 28 SEPTEMBER 2018 |
Nama: AYU LESTARI IRWANSYAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi apa yang dilakukan oleh Divisi Marketing Communication PGM dalam meningkatkan jumlah pengunjung pasigala 28 september 2018. Teori yang digunakan adalah teori Harold D. Laswell. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian dilaksanakan di kantor manajemen PGM yang bertempat di Jl. Diponegoro, Lere, Kec. Palu Barat. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang yang dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam.Ada[pun teknik analisa data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Divisi Marketing Communication PGM dalam meningkatkan jumlah pengunjung pasca bencana alam Pasigala 28 September 2018 yakni menggunakan peran Divisi Marketing Communication sebagai komunikator dengan terus mengajak masyarakat untuk berkujung kembali ke PGM. Adapun pesan yang disampaikan oleh Divisi Marketing Communication berupa pesan informatif, persuasif dan edukatif. Pesan persuasif berupa penyampaian informasi kepada masyarakat bahwa gedung PGM aman pasca bencana alam Pasigala. Pesan persuasif berupa penyampaian informasi kepada masyrakat segala kegiatan yang diselenggarakan PGM pasca bencana alam Pasigala dan pesan edukatif berupa memberikan pengetahuan terkait bagaimana cara menyelamatkan diri dengan menyediakan jalur evakuasi saat kejadian darurat. Dalam penyebaran informasinya diantaranya adalah melalui media sosial, radio, koran, event serta spanduk. Divisi Marketing Communication PGM menetapkan khalayak atau penerima pesan, yakni masyarakat umum, segala upaya yang dilakukan kepada target sasaran mulai dari anak-anak hingga orang tua/dewasa. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Marketing Communication, Palu Grand Mall |